Dosen UNM Beri Wacana Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Usaha Mikro

Pemanfaatan Digital Marketing
Pemanfaatan Digital Marketing

Depok, NusamandiriNews–Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) Kampus Margonda, Depok dengan penuh semangat gelar acara Pengabdian Masyarakat (PM), pada Sabtu, 23 September 2023. Kegiatan PM ini mengangkat tema “Pemanfaatan Digital Marketing untuk Usaha Mikro”.

Acara ini diinisiasi oleh dosen-dosen yang berkomitmen untuk memberikan pengetahuan bermanfaat pada masyarakat sekitar kampus dan dihadiri oleh anggota Ikatan Remaja RW 07 Pondok Cina (IKRAR).

Baca juga: Istimewanya Kuliah di Kampus Digital Bisnis UNM Kampus Margonda

Pemanfaatan Digital Marketing

Hadir dalam acara tersebut dosen-dosen UNM yakni Numan Musyaffa, Siti Marlina, Syarif Hidayatulloh dan beberapa orang mahasiswa/i aktif. Narasumber utama dalam acara ini, Andry Maulana selaku kepala kampus sekaligus Owner dari Munzir Kitchen, salah satu pengusaha di bidang catering.

Dengan pengalamannya yang luas, Andry Maulana siap untuk membagikan pengetahuannya kepada peserta yang datang dengan semangat belajar pemasaran secara digital.

Andry Maulana mengatakan bahwa digital marketing telah terbukti menjadi alat yang efektif dalam mencapai pasar yang lebih luas, meningkatkan visibilitas dan memperkuat citra merk, faktor-faktor penting dalam mengembangkan bisnis kecil.

“Konsep dari digital marketing yakni penggunaan berbagai platform online, seperti email, website, iklan online, media sosial, bahkan SEO dan SEM,” katanya dalam materi yang disampaikan, Sabtu (23/9).

Ia menyebutkan semua konsep tersebut berguna untuk mencapai tujuan pemasaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Andry menjelaskan juga beberapa faktor penting dalam mengembangkan bisnis diantaranya berani mengambil tindakan dan risiko, mengetahui cara promosi, memanfaatkan peluang dengan baik dan memiliki relasi yang luas.

Baca juga: Agar Penyimpanan Efektif dan Efisien, Kader PKK Ragunan Ikuti Pelatihan Arsip Digital

“Itulah pentingnya digital marketing untuk mendukung kegiatan bisnis karena dapat menekan biaya pemasaran dan meminimalisir risiko. Selain itu, digital marketing dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas sehingga perkembangan bisnis lebih cepat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Ikrar , Hari Haryanto merasa sangat terbantu oleh acara ini untuk rekan-rekan ikrar yang memiliki usaha.

“Sebelumnya, saya hanya menggunakan media sosial secara sederhana. Sekarang, saya tahu bagaimana memanfaatkannya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Terima kasih pada dosen UNM atas ilmu yang kami dapatkan,” ujarnya dengan senyum. (UMF)