Himpunan Mahasiswa Sains Data UNM Akan Gelar Workshop Manajemen Data Dengan Excel

HIMASATA Akan Gelar Workshop
HIMASATA Akan Gelar Workshop

Jakarta, NusamandiriNews–Di tengah ledakan informasi dan perkembangan teknologi, kebutuhan akan literasi data yang kuat semakin mendesak. Himpunan Mahasiswa Sains Data (HIMASATA) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) akan menggelar Workshop Manajemen Data dengan Excel pada Sabtu, 4 November 2023 Pukul 13.00 – 17.00 di UNM kampus Margonda, Jl Margonda Raya No 545, Depok.

Kegiatan ini akan menghadirkan narasumber Nanang Ruhyana selaku Marketing Informations System Manager PT Tempo Scan Pacifik, Tbk dengan moderator Michael Andrean Hendra Saputra selaku Wakil Ketua Student Branch IEEE Universitas Nusa Mandiri.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Data, Prodi Sains Data UNM Akan Gelar Workshop Codeless Data Science

Himpunan Mahasiswa Sains Data UNM Akan Gelar Workshop

Kanaya Salsabila Setiawan, selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam pada mahasiswa tentang bagaimana mengelola data dengan efisien menggunakan alat sehari-hari seperti Microsoft Excel.

“Oleh karena itu, workshop ini akan sangat berguna bagi peserta sebab akan diajak untuk mempraktikkan teknik-teknik pengolahan data menggunakan berbagai fitur Excel, termasuk pembuatan tabel dinamis, grafik dan rumus-rumus statistik dasar,” katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (18/10).

Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa UNM tanpa biaya dengan kuota terbatas hanya 30 peserta. Peserta dapat melakukan pendaftaran sampai dengan 27 Oktober 2023 melalui link berikut https://bit.ly/Reg-Workshop-HIMASATA1123.

“Seluruh peserta akan mendapatkan benefit berupa e-materi dan e-sertifikat, untuk informasi lebih lengkap dapat mengikuti ig official HIMASATA UNM di @himasata.unm,” imbuhnya.

Baca juga: FTI UNM Ikuti Workshop Penggunaan ChatGPT Untuk Tingkatkan Kualitas Penelitian Dengan Kecerdasan Buatan

Sementara itu, Ketua Prodi (Kaprodi) Sains Data UNM, Tati Mardiana menyampaikan memahami cara mengelola, menganalisis dan menyajikan data adalah keterampilan penting yang tidak hanya diperlukan di dunia bisnis dan industri, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

“Pentingnya literasi data tidak boleh diabaikan, di mana data menjadi mata uang yang sangat berharga. Kemampuan untuk membaca, memahami dan mengelola data merupakan keterampilan yang akan memberikan keunggulan kompetitif di dunia kerja,” paparnya

Ia pun berharap adanya workshop ini akan meningkatkan keterampilan literasi data para peserta dan semakin menambah wawasan tentang manajemen data.

“Semoga workshop ini akan meningkatkan keterampilan literasi data para peserta dan memperluas pengalaman peserta,” tutupnya. (UMF)