Dosen Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Laksanakan Pengabdian Masyarakat Pada Guru PAUD Tunas Bangsa 05

Dosen Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Laksanakan Pengabdian Masyarakat
Dosen Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Jakarta, NusamandiriNews—Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Informatika menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Microsoft Word dalam Praktik Berkelanjutan melalui Dokumentasi Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan di PAUD Tunas Bangsa 05, berlokasi di Jl Rawasari Selatan Cempak Putih Timur, Jakarta Pusat pada Sabtu 18 Mei 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) di wilayah Cempaka Putih. Tim dosen Universitas Nusa Mandiri yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari Anton selaku ketua kegiatan sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri didampingi oleh tutor Arfhan Prasetyo dan anggota tim Frisma Handayanna, Susafa’ati, serta mahasiswa prodi Informatika yaitu Alwi Al Hadad, William Setiady, Luthfi Zainul Arifin, Tri Hendriansyah, Rezin Simanjuntak dan Coky Atmajaya Situmorang.

Baca juga: Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Berikan Pelatihan AppSheet Pada Pengurus JPRMI

Pengabdian Masyarakat Pada Guru PAUD

Anton selaku ketua kegiatan menyampaikan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Microsoft Word, khususnya dalam pembuatan profil organisasi secara digital.

“Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan berbagai teknik dasar dan lanjutan dalam penggunaan Microsoft Word. Materi yang disampaikan membuat profil organisasi, adalah deskripsi singkat tentang organisasi yang mencakup informasi tentang sifat, tujuan, sejarah, dan aktifitas organisasi,” jelas Anton dalam rilis yang diterima, Rabu (22/5).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, ungkap Anton merupakan salah satu bentuk komitmen Universitas Nusa Mandiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat pendidikan anak usia dini.

“Melalui pelatihan seperti ini, diharapkan para guru PAUD dapat lebih profesional dan efisien dalam menjalankan tugas mereka, serta mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat,” tandas Anton.

Baca juga: Agar Penyimpanan Efektif dan Efisien, Kader PKK Ragunan Ikuti Pelatihan Arsip Digital

Sementara itu, Arfhan Prasetyo selaku tutor mengatakan bahwa tujuan dibuatnya profil organisasi adalah untuk memperkenalkan organisasi dan memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang organisasi tersebut lakukan serta sebagai alat promosi yang baik dan membantu dalam proses branding, tanpa harus mengabaikan nilai-nilai yang diyakini dan menghindari data dan fakta yang tidak valid.

“Pelatihan ini sangat penting mengingat keterbatasan pemahaman teknologi informasi yang masih dihadapi oleh guru-guru PAUD di wilayah ini,” katanya. (UMF)