Pengembangan Aplikasi untuk Transformasi Digital Bisnis

Workshop Artificial Intelligence
Workshop Artificial Intelligence

Depok, NusamandiriNews–Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda dengan bangga mengadakan workshop bertajuk “Implementasi Kecerdasan Artifisial (AI) dalam Pengembangan Aplikasi untuk Transformasi Digital Bisnis” yang berlangsung pada Kamis, 27 Juni 2024 pukul 09.00-12.00 WIB di Aula Kampus Universitas Nusa Mandiri Margonda, Depok.

Workshop ini menghadirkan pembicara utama Dr Foni Agus Setiawan, Ketua Knowledge and Data Engineering Research Group Pusat Riset Sains Data dan Informasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca juga: Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Belajar Model Prediktif untuk Analisis Risiko Bisnis Dengan Teknologi Machine Learning

Workshop Artificial Intelligence

Dr Foni Agus Setiawan  membagikan pengetahuan mendalam mengenai perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan penerapannya dalam berbagai sektor, serta bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor bisnis.

”Penerapan AI untuk personalisasi pembelajaran, memungkinkan materi pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Penggunaan chatbot dan asisten virtual untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar,” jelas Dr Foni.

Dr Foni kembali menjelaskan analisis data pendidikan untuk meningkatkan efektivitas kurikulum dan metode pengajaran. Automasi proses produksi dengan menggunakan robot cerdas dan sistem AI untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan manusia.

”Prediktif maintenance yang menggunakan AI untuk memprediksi kerusakan mesin sebelum terjadi, sehingga dapat mengurangi downtime dan biaya perbaikan. Penggunaan AI dalam pengolahan data besar (big data) untuk mengoptimalkan rantai pasokan dan proses bisnis lainnya,” terangnya.

Sementara itu, acara ini dibuka oleh Ketua Program Studi Informatika, Arfhan Prasetyo,  yang menyoroti pentingnya perkembangan teknologi AI dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat umum.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Jago Analisis Risiko Bisnis dengan Machine Learning Sebab Ikut Workshop

”Lewat workshop ini, peserta dapat memperluas wawasan dan keterampilan di bidang kecerdasan artifisial, serta mendapat pengalaman yang mendalam dari narasumber,” tegas Arfhan.

Universitas Nusa Mandiri kampus Margonda terus berkomitmen untuk menyediakan wadah pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

”Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam dunia profesional mereka, serta turut berkontribusi dalam transformasi digital bisnis di Indonesia,” tutupnya. (UMF)