Mahasiswa Prodi Sains Data Universitas Nusa Mandiri Sukses Dapatkan Gelar First Runner Up Diajang ACTION 3rd 2024

First Runner Up Diajang ACTION 3rd 2024
First Runner Up Diajang ACTION 3rd 2024

JakartaNusamandiriNews–Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM), Ihsan Aulia Rahman, dari Program Studi (prodi) Sains Data, berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menempati posisi First Runner Up dalam kompetisi Nasional Abstract Competition (ACTION) 3rd 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Student Branch IEEE Universitas Nusa Mandiri dan diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun luar Negeri.

Ihsan berhasil mengesankan para juri setelah mempresentasikan hasil karyanya secara daring pada Kamis, 5 September 2024. Karya ilmiah yang diangkat dalam presentasi tersebut berjudul “Abstrak D-Explore Nusantara: Enhancing Tourist Experiences with Intelligent Personalized Destination Recommendations in Indonesia”.

Baca juga: ACTION 3rd 2024: Umumkan Tiga Pemenang Utama Kompetisi Abstrak

First Runner Up Diajang ACTION 3rd 2024

Dalam abstraknya, Ihsan memaparkan sebuah konsep inovatif yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan rekomendasi destinasi wisata yang dipersonalisasi bagi para wisatawan di Indonesia. Melalui pendekatan ini, ia berharap dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dalam menjelajahi keindahan Nusantara.

”Ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa dan memotivasi saya untuk terus berkarya di bidang data science dan teknologi,” ujar Ihsan saat diwawancarai usai kompetisi.

Baca juga: Buka Peluang Kolaborasi Ilmiah, Universitas Nusa Mandiri Jalin Kerjasama Dengan IEEE Xplore

Sementara itu, Arif Hidayat selaku wakil rektor II bidang non akademik Universitas Nusa Mandiri mengatakan bahwa kompetisi ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ACTION 3rd 2024, yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi akademis dan kemampuan penelitian.

“Karya-karya yang dipresentasikan oleh para finalis dinilai oleh panel juri yang terdiri dari akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang teknologi dan ilmu data,” tegas Arif dalam rilis yang diterima, Jumat (13/9).

Dengan pencapaian ini, Ihsan Aulia Rahman berhasil mengharumkan nama Universitas Nusa Mandiri dan menunjukkan bahwa mahasiswa UNM mampu bersaing di tingkat nasional dalam bidang akademik dan inovasi teknologi.

“Universitas Nusa Mandiri mengucapkan selamat kepada Ihsan atas prestasi gemilangnya dan berharap agar pencapaian ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di bidang akademik dan penelitian,” ungkap Arif. (UMF)