NCC Dukung Mahasiswa Prodi Informatika UNM jadi Fullstack Developer Lewat Program Magang di PT DINARSMU

NCC Dukung Mahasiswa Prodi Informatika UNM
NCC Dukung Mahasiswa Prodi Informatika UNM

Jakarta, NusamandiriNews–Mahasiswa Program Studi (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Jatiwaringin, Farhan Alamsyah saat ini menjalani magang sebagai IT Programmer di PT DINARSMU, sebuah perusahaan berskala internasional. Magang sudah dimulai sejak 9 September 2024 dan berakhir pada 27 Maret 2025.

Program magang ini juga didukung oleh Nusa Mandiri Career Center (NCC) sebagai wadah pembinaan mahasiswa UNM. Hal ini sebagai salah satu langkah penting dalam pengembangan karir mahasiswa di bidang teknologi informasi.

Baca juga: Siap Hasilkan Ahli Bidang Teknologi, Prodi Informatika Program Doktor (S3) UNM Akan Gelar Kuliah Perdana

NCC Dukung Mahasiswa Prodi Informatika UNM

Farhan Alamsyah, mahasiswa Prodi Informatika, dikenal sebagai pribadi yang suka mengeksplorasi hal-hal baru. Kecintaannya pada alam dan hobi mendengarkan musik mencerminkan kepribadian yang tenang namun dinamis. Baginya, pemrograman memiliki kesamaan dengan petualangan ke alam, keduanya penuh dengan tantangan yang menguji kreativitas dan ketekunan.

“Ngoding itu penuh tantangan, seperti halnya saya menjelajahi alam,” ujar Farhan dalam rilis yang diterima, Senin (7/10).

Mengutip kata-kata favorit Farhan, “tidak perlu terlihat terang, karena kita bukan bintang”. Farhan percaya bahwa kontribusi yang signifikan tidak selalu harus berada di garis depan. Dalam dunia pemrograman, ia memilih untuk bekerja di belakang layar, fokus pada kualitas dan hasil yang maksimal tanpa mencari sorotan berlebihan.

Farhan menceritakan bahwa informasi tentang kesempatan magang di PT DINARSMU ia dapatkan melalui grup WhatsApp, berkat peran aktif Nusa Mandiri Career Center (NCC) yang selalu menjembatani mahasiswa dengan berbagai peluang karir. Tanpa ragu, Farhan segera mengirimkan CV dan portofolionya ke Nusa Mandiri Career Center.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, termasuk tahap wawancara dengan tim HR PT DINARSMU. Farhan akhirnya berhasil diterima dan bergabung dengan tim IT Development sebagai IT Programmer.

“Diterima, pada posisi sebagai Fullstack Developer memungkinkan saya untuk terlibat dalam seluruh proses pengembangan aplikasi, mulai dari perancangan alur atau flow aplikasi, desain antarmuka, hingga coding untuk merealisasikan desain tersebut,” jelas Farhan.

Pengalaman ini, ungkapnya semakin memperkuat keterampilannya dalam pengembangan sistem dan pemrograman web. Beberapa mata kuliah yang sangat membantu dalam magangnya sebagai IT Programmer adalah Sistem Basis Data dan Pemrograman Web. Ia juga menekankan pentingnya eksplorasi di luar materi perkuliahan.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Diri, Mahasiswa Prodi Informatika UNM Lolos Program Sertifikasi Global TSA x Cisco dari Kominfo

“Fokuslah untuk memperdalam satu bidang hingga menjadi ahli, daripada menguasai banyak hal secara setengah-setengah. Dan saat kuliah, jangan hanya mengandalkan slide atau materi yang diberikan dosen, tetapi carilah sumber tambahan dan eksplorasi lebih dalam,” pesan Farhan pada seluruh mahasiswa UNM lainnya.

Sementara itu, kepala NCC, Muhammad Faisal menyebutkan bahwa peran Nusa Mandiri Career Center (NCC) dalam perjalanan karir Farhan tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai pusat karir, NCC berkomitmen membantu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri, terutama prodi Informatika, dalam menjembatani kesempatan karir dan magang dengan perusahaan-perusahaan terkemuka, termasuk PT DINARSMU.

“Berkat dukungan NCC, mahasiswa dapat mengakses peluang berharga untuk mengembangkan keterampilan profesional mereka di dunia nyata. Nusa Mandiri Career Center akan membuka lebih banyak peluang untuk mahasiswa lainnya dalam mengembangkan karir di dunia teknologi informasi,” tegas Faisal. (UMF)