Lolos MSIB 7 Sebagai Staf ICT/IT di SEAMEO QITEP, Mahasiswa Prodi Informatika UNM Ukir Prestasi Membanggakan

Mahasiswa Prodi Informatika UNM Ukir Prestasi
Mahasiswa Prodi Informatika UNM Ukir Prestasi

Jakarta, NusamandiriNews – Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM). Muhamad Kurniawan, mahasiswa dari program studi (prodi) Informatika UNM, berhasil lolos dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 7 sebagai Staf ICT/IT di SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel in Language (SEAMEO QITEP in Language). Program magang ini berlangsung sejak 6 September 2024 hingga 31 Desember 2024.

Kurniawan, yang akrab disapa Awan, mengungkapkan bahwa ia selalu berpegang pada prinsip “kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak”. Setelah sebelumnya sukses menyelesaikan program MSIB pada batch 6 sebagai Website Developer and Administrator di Maritim Muda, kemudian melalui serangkaian seleksi akhirnya Awan lolos pada program MSIB 7 tahun 2024, Awan merasa bersyukur ketika SEAMEO QITEP memberikan kesempatan untuk bergabung menjadi staf ICT/IT.

Baca juga: Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Lolos Sebagai DPL Program MSIB Angkatan 7

Mahasiswa Prodi Informatika UNM Ukir Prestasi

“Kesuksesan ini tidak terlepas dari dukungan Nusa Mandiri Career Center (NCC), yang memberikan pembekalan dan bimbingan karier untuk mahasiswa yang ingin mengikuti program magang. Melalui berbagai pembinaan, NCC memastikan mahasiswa siap menghadapi tantangan di dunia kerja, termasuk dalam persiapan untuk mengikuti program MSIB,” ungkap Awan dalam rilis yang diterima, Senin (7/10).

Sebagai Staf ICT/IT, jelas Awan meliputi pemeliharaan website, pemantauan kinerja web, dan penambahan fitur-fitur yang diperlukan. Ia juga bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan perangkat keras.

“Matakuliah Pemrograman Web yang saya pelajari sangat selaras dengan posisi magang saya saat ini,” katanya.

Tak lupa, Awan memberikan tips bagi mahasiswa lain yang ingin mengikuti program magang, “Coba aja dulu, urusan diterima belakangan. Yang penting adalah berani mencoba”.

Baca juga: Sinergi Dosen Prodi Informatika UNM, Untuk Hasilkan Lulusan yang Unggul dan Berdaya Saing

Pada kesempatan ini, Muhammad Faisal sebagai kepala NCC mengatakan bahwa Universitas Nusa Mandiri yang merupakan kampus digital bisnis, terus berkomitmen untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, terutama dalam bidang teknologi digital.

“Dukungan ini tercermin melalui wadah pembinaan mahasiswa yakni di NCC, dengan berbagai program pelatihan dan kerja sama yang terjalin dengan industri, NCC membuktikan peran strategisnya dalam memfasilitasi kesuksesan karier mahasiswa,” papar Faisal.

Menurut Faisal, prestasi Awan yang lolos program MSIB 7 di SEAMEO QITEP ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa dengan bimbingan yang tepat, mahasiswa dapat meraih kesuksesan dan siap berkontribusi di tingkat nasional maupun internasional. (UMF)