Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edukasi Digital Untuk Tingkatkan Keterampilan Pembelajaran Anak Usia Dini

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edukasi Digital
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edukasi Digital

Depok, NusamandiriNews–Tim dosen dari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri (UNM), telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edukasi Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Anak Usia Dini di TPA Ibnu Salam. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Kegiatan ini dipimpin oleh Daning Nur Sulistyowati dan melibatkan tutor Nurajijah, serta tim anggota: Arif Hidayat dan Siti Fauziah. Tak hanya dari pihak akademisi, empat mahasiswa juga turut serta mendampingi para peserta pelatihan.

Baca juga: Dosen Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Pemanfaatan Claude AI Untuk Pembuatan Aplikasi Manajemen Organisasi JPRMI Jakarta

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edukasi Digital

Menurut Daning Nur Sulistyowati sebagai ketua pelaksana megatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada orang tua mengenai aplikasi digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.

“Pelatihan ini juga membantu orang tua meningkatkan keterampilan dalam menggunakan media digital guna mendukung perkembangan kognitif dan motorik anak-anak mereka. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu membantu para orang tua dalam memanfaatkan teknologi digital secara bijak untuk mendukung pendidikan anak usia dini,” paparnya dalam rilis yang diterima, Rabu (9/10).

Kami yakin, melalui pemahaman yang baik tentang penggunaan aplikasi edukasi digital, orang tua dapat lebih berperan aktif dalam memfasilitasi pembelajaran yang menarik dan efektif bagi anak-anak.

Pada kesempatan pelatihan ini, Para wali murid aktif mengajukan berbagai pertanyaan terkait fitur aplikasi, keamanan penggunaan bagi anak-anak, hingga saran aplikasi yang cocok untuk perkembangan anak di berbagai tahap usia dini. Dengan bimbingan dari tutor dan tim, setiap pertanyaan dijawab secara rinci, memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta.

Baca juga: Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Berikan Pelatihan AppSheet Pada Pengurus JPRMI

Wali murid yang mengikuti pelatihan ini memberikan tanggapan positif. Salah satu peserta menyampaikan, “Saya jadi lebih paham bagaimana memanfaatkan aplikasi edukasi yang bermanfaat untuk anak saya di rumah. Kegiatan ini sangat membantu kami yang awam terhadap teknologi”.

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Universitas Nusa Mandiri dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan dan teknologi. Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan orang tua dapat lebih bijaksana dalam mendukung pendidikan anak-anak di era digital. (UMF)