NusamandiriNews, Jakarta–Penelitian terbaru dari dosen Program Studi Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai Kampus Digital Bisnis mengungkap pengaruh signifikan strategi pemasaran hijau (green marketing) dan pemasaran digital (digital marketing) terhadap perilaku belanja impulsif konsumen.
Johan Hendri Prasetyo dan Gani Wiharso mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal Mantik Vol. 8 No. 5 (2025), yang berjudul “The Role of Green and Digital Marketing in Driving Impulsive Buying”. Studi ini menunjukkan bahwa kombinasi keduanya mampu menjelaskan hingga 64,5% variasi perilaku belanja impulsif.
Baca juga: FEB UNM Siapkan Pemimpin Bisnis Masa Depan Lewat Program Unggulan IEP 3+1
Rahasia Merangsang Belanja Impulsif Konsumen
Penelitian ini menemukan bahwa green marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying dengan koefisien β = 0.742, sementara digital marketing juga berpengaruh signifikan dengan β = 0.342. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pelaku bisnis untuk merancang strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.
Dengan menggabungkan nilai keberlanjutan dan strategi digital yang interaktif, perusahaan dapat meningkatkan daya tarik produk dan mendorong keputusan pembelian yang lebih cepat.
Menurut Kaprodi Bisnis Digital, Lia Mazia, penelitian ini membuktikan bahwa dosen kami mampu menghadirkan riset yang tidak hanya relevan secara akademis, tetapi juga bermanfaat secara praktis bagi industri.
Ia berharap mahasiswa juga terinspirasi untuk menghasilkan karya ilmiah yang berdaya guna dan sesuai perkembangan zaman.
Baca juga: Prodi Unggul Bikin Lulusan Nggak Cuma Jadi “Job Seeker”, Tapi Juga “Game Changer”
“Publikasi ini semakin mengukuhkan posisi Prodi Bisnis Digital UNM sebagai program studi yang berkomitmen mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan strategi bisnis yang inovatif serta berwawasan lingkungan,” katanya dalam keterangan rilis yang diterima, pada Kamis (4/9).
UNM sebagai Kampus Digital Bisnis, ungkap Lia, terus mendorong riset-riset yang relevan dengan perkembangan industri dan isu global terkini.
“Melalui penelitian ini, UNM berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku konsumen modern dan bagaimana strategi pemasaran dapat diadaptasi untuk mencapai hasil yang optimal,” tutupnya.