NusamandiriNews, Jakarta–Startup karya mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menunjukkan kualitasnya di kancah inovasi digital. Dalam ajang Pitching Bisnis Mahasiswa yang menjadi bagian dari Bootcamp Digital Bisnis, tim startup OOGIV sukses meraih Juara 1. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UNM bekerja sama dengan Nusa Mandiri Startup Center (NSC).
Tim OOGIV yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Informatika yakni Ridho Ari Saputro, Markus Hari Prima, dan Muhammad Rizky Ardiansyah, berhasil memukau dewan juri dengan ide aplikatif berbasis kecerdasan buatan (AI). Aplikasi OOGIV dirancang untuk membantu guru dan tenaga pendidik dalam menyusun soal pilihan ganda dan esai secara otomatis dari berbagai sumber, seperti file PDF, gambar, dokumen teks (.txt), dan video YouTube melalui URL.
Baca juga: FTI dan NSC UNM Cetak Calon Pendiri Startup Digital lewat Pitching Bisnis Mahasiswa
Mahasiswa UNM Ciptakan Aplikasi Pintar Pembuat Soal
Sesi pitching yang berlangsung di Hotel Asyana Sentul, Bogor, ini menghadirkan juri profesional dari kalangan industri dan akademik, yaitu Deni Agus, CEO Discas Capital dan Anton, Dekan FTI UNM), dengan moderator Siti Nurlela selaku Kepala NSC. OOGIV dinilai unggul dari segi inovasi teknologi, kejelasan model bisnis, serta relevansi dan potensi dampaknya di bidang pendidikan.
“OOGIV adalah contoh nyata bagaimana teknologi bisa hadir sebagai solusi praktis di dunia pendidikan. Kami sangat bangga dan berharap tim ini terus konsisten mengembangkan produknya hingga benar-benar memberi dampak luas,” ujar Siti dalam rilis yang diterima, pada Selasa (1/7).
Baca juga: Keberhasilan Mahasiswa UNM: Memenangkan Pitching Startup dengan Ide Kreatif
Sebagai Kampus Digital Bisnis, Universitas Nusa Mandiri terus mendorong lahirnya inovasi berbasis teknologi melalui pembinaan intensif di NSC dan penguatan kurikulum yang adaptif terhadap kebutuhan industri digital. Mahasiswa UNM tidak hanya dibekali teori, tetapi juga pengalaman praktis melalui berbagai program unggulan, salah satunya Internship Experience Program (IEP) atau skema 3+1. Program ini memberi kesempatan mahasiswa kuliah selama tiga tahun dan satu tahun berikutnya menjalani magang profesional di perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional.
Kemenangan OOGIV dalam Bootcamp Digital Bisnis menjadi bukti nyata bahwa semangat inovasi dan kolaborasi terus tumbuh di lingkungan UNM. Diharapkan, pencapaian ini menjadi batu loncatan untuk mengantarkan produk karya mahasiswa UNM ke kancah nasional bahkan internasional.