NusamandiriNews, Depok–Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang dikenal sebagai Kampus Digital Bisnis, sukses menyelenggarakan kegiatan Ngobrol Asyik Campus Life Nusa secara daring, pada Kamis (7/8).
Acara ini mengusung konsep diskusi santai namun penuh inspirasi, menghadirkan narasumber dari kalangan dosen dan mahasiswa berprestasi. Tujuannya, memberikan wawasan, motivasi, serta peluang pengembangan diri bagi mahasiswa, khususnya dalam menghadapi tantangan dan peluang di era transformasi digital.
UNM Bekali Mahasiswa Manajemen Keterampilan Digital
Hadir sebagai narasumber utama, Instianti Elyana, Ketua Prodi Manajemen FEB UNM, yang membagikan pandangannya mengenai pentingnya keterampilan manajemen yang adaptif dan kreatif.
“Sebagai Kampus Digital Bisnis, UNM memiliki komitmen mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja maupun berwirausaha. Melalui kegiatan seperti Campus Life, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di kelas, tetapi juga kesempatan mengasah soft skill, membangun jejaring, dan menyiapkan diri untuk magang profesional lewat program unggulan Internship Experience Program (IEP) atau skema 3+1,” ujar Instianti.
Ia juga menjelaskan Internship Experience Program (IEP) atau skema 3+1 menjadi salah satu program unggulan UNM yang memberi kesempatan mahasiswa kuliah selama tiga tahun dan menjalani satu tahun magang profesional di perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional.
“Program ini terbukti menjadi jembatan emas antara dunia akademik dan dunia kerja, sekaligus memperkuat kompetensi praktis mahasiswa,” katanya.
Selain Instianti, dosen Prodi Manajemen, Muhammad Abdul, turut memberikan motivasi mengenai pentingnya disiplin, manajemen waktu, dan etika profesional. Ia menekankan bahwa fasilitas dan lingkungan kampus harus dimanfaatkan maksimal sebagai sarana pengembangan diri.
Acara ini juga menampilkan kisah inspiratif dari dua mahasiswa berprestasi, Nur Khofifah dan Febrianto. Nur Khofifah membagikan pengalamannya meraih juara kompetisi tingkat nasional, sementara Febrianto menceritakan perjalanannya membangun bisnis rintisan dari ide kreatif saat kuliah.
Menariknya, kegiatan ini turut dihadiri audiens dari kalangan siswa sekolah dan masyarakat umum yang diundang oleh Kampus UNM Margonda. Menurut Aldi, salah satu peserta, kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengenalkan Prodi Manajemen FEB UNM kepada masyarakat luas.
Dengan format diskusi yang santai, mahasiswa merasa lebih leluasa berdialog dan bertanya langsung kepada narasumber.
“Kegiatan ini diharapkan memotivasi mahasiswa untuk memaksimalkan masa studi di UNM, menorehkan prestasi, dan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dengan bekal keterampilan digital dan profesional yang mumpuni,” tegas Instianti.