Program Studi

Informatika (S3)

Program Doktor (S3) Informatika merupakan jenjang pendidikan tertinggi yang dirancang untuk mencetak peneliti dan akademisi berkelas dunia di bidang informatika dan ilmu komputer.

Tentang

Program Studi Informatika (S3)​

Program ini memiliki masa studi minimal 6 semester dan maksimal 10 semester, dengan fokus peminatan Computer Vision dan Biomedical Informatics. Mahasiswa akan terlibat dalam penelitian tingkat lanjut pada berbagai bidang seperti machine learning, artificial intelligence, computer vision, natural language processing, cybersecurity, dan computational theory dengan kurikulum yang sesuai di bidang Computer Vision dan Biomedical Informatics.

Lulusan program ini memiliki prospek karir yang sangat bergengsi, dengan peluang menjadi profesor universitas, peneliti, pemimpin teknologi, atau chief technology officer di berbagai organisasi terkemuka. Selain itu, mereka dapat memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian inovatif yang berdampak luas secara global.

Sekilas Tentang
Program Studi

Misi

Menyelenggarakan program doktor informatika yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis dengan kurikulum yang sesuai di bidang Computer Vision dan Biomedical Informatics.

Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis serta bermanfaat bagi masyarakat di bidang Computer Vision dan Biomedical Informatics.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis dengan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Melaksanakan kegiatan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung kegiatan yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis dengan perusahaan dan instansi pemerintah yang berkualitas di tingkat nasional maupun internasional.

Visi

Menjadi Program Studi Doktor Informatika yang unggul, mandiri, dan inovatif dalam transformasi digital bisnis di bidang Computer Vision dan Biomedical Informatics

Kurikulum Program Studi
Informatika (S3)​

Semester 1 – Semester 8 (Peminatan: Computer Vision)

No

Semester

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

I

DI101

FILSAFAT ILMU DAN METODOLOGI PENELITIAN

3

DI102

ADVANCED COMPUTER VISION

3

2

II

DI104

PRA PENELITIAN DAN PROPOSAL DISERTASI

6

DI106

SEMINAR PROPOSAL DISERTASI

3

3

III

DI107

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 1

3

DI108

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 1

3

4

IV

DI109

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 2

3

DI110

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 2

3

5

V

DI111

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 3

3

DI112

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 3

3

6

VI

DI113

UJIAN TERTUTUP

5

DI114

UJIAN DISERTASI

6

TOTAL SKS

44

No

Semester

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

I

DI101

FILSAFAT ILMU DAN METODOLOGI PENELITIAN

3

 

 

DI103

ADVANCED BIOMEDICAL INFORMATICS

3

2

II

DI104

PRA PENELITIAN DAN PROPOSAL DISERTASI

6

 

 

DI106

SEMINAR PROPOSAL DISERTASI

3

3

III

DI107

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 1

3

 

 

DI108

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 1

3

4

IV

DI109

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 2

3

 

 

DI110

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 2

3

5

V

DI111

PENELITIAN & SEMINAR KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 3

3

 

 

DI112

PUBLIKASI HASIL KEMAJUAN HASIL PENELITIAN TAHAP 3

3

6

VI

DI113

UJIAN TERTUTUP

5

 

 

DI114

UJIAN DISERTASI

6

TOTAL SKS

44

Prospek Kerja / Profesi Lulusan

Capaian
Pembelajaran

Aspek Sikap (S)
  • CPL01 – Mampu menunjukkan kreativitas dan inovasi secara beretika dan bertanggung jawab, serta merancang strategi teknologi informasi berkelanjutan dengan kepemimpinan visioner, komunikasi efektif, dan pengambilan keputusan strategis.

  • CPL02 – Menguasai teori-teori dan filosofi dalam bidang Informatika serta mampu mentransfer pengetahuan secara terstruktur dan sistematis, mencakup bidang informatika, optimasi, serta pemodelan dan simulasi, termasuk teori dari bidang lain dan filsafat ilmu yang relevan;

  • CPL03 – Mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi metodologi penelitian yang tepat untuk memecahkan permasalahan kompleks secara orisinal dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner, serta menjunjung tinggi prinsip validitas ilmiah dan etika akademik.

  • CPL01 – Mampu menunjukkan kreativitas dan inovasi secara beretika dan bertanggung jawab, serta merancang strategi teknologi informasi berkelanjutan dengan kepemimpinan visioner, komunikasi efektif, dan pengambilan keputusan strategis.

  • CPL04 – Mampu mengkonstruksi sintesis pengetahuan melalui kajian literatur sistematis dan kritis yang mendalam untuk menghasilkan peta riset, celah penelitian (research gap), dan arah pengembangan ilmu pengetahuan atau teknologi yang orisinal dan berdampak dalam bidang keilmuannya.

  • CPL05 – Mampu mengembangkan teori, konsep, dan gagasan baru; mengevaluasi dan menyatukan pengetahuan untuk memberi kontribusi penting dalam pengembangan dan penerapan ilmu atau teknologi dengan memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan di bidangnya; serta menghasilkan penelitian ilmiah yang ketat dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk menciptakan solusi inovatif dan orisinal yang berdampak luas bagi masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan.

  • CPL06 – Mampu menciptakan karya ilmiah yang orisinal dan teruji melalui pendalaman dan perluasan bidang Informatika, dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan solusi atas permasalahan di bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi, yang dituangkan dalam bentuk disertasi serta dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional bereputasi.

Skill yang Didapat di
Program Studi Informatika (S3)​

Soft Skill

Soft skill penting mendukung kepemimpinan akademik, komunikasi efektif, kolaborasi riset, serta kemampuan adaptasi teknologi global.

Hard Skill

Hard skill mendukung kemampuan teknis mendalam melalui riset canggih, eksperimen, dan penguasaan teknologi informatika terkini.

Mengapa harus Informatika (S3)​?

Peminatan

Program Doktor (S3) Informatika menawarkan peminatan riset mendalam yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keahlian khusus pada bidang-bidang strategis dan berdampak global.

Computer Vision

Biomedical Informatics

Testimoni Alumni

Beberapa kesan dan pesan Alumni setelah kuliah di Universitas Nusa Mandiri

Frequently Asked Questions

Pertanyaan yang sering diajukan seputar jurusan S3 Informatika

Apa itu program S3 Informatika?

Program S3 Informatika adalah pendidikan doktoral yang menghasilkan peneliti dan akademisi berkelas dunia di bidang informatika, dengan fokus pada penelitian orisinal dan inovasi.

Minimal 6 semester atau maksimal 10 semester

 

-Membayar pendaftaran Online sebesar Rp 500.000,- Lulus Sarjana S2 dari rumpun ilmu komputer.

 

Pembayaran melalui Virtual Account Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Permata Bank, CIMB Niaga, Indomaret, Alfamart, Danacita.

 

Lulusan Magister (S2) yang telah terakreditasi dengan peringkat minimal B (IPK S2>=3.00)

 

Upload scan Ijazah dan transkrip S1 & S2

 

Upload scan KTP, Kartu Keluarga, Akta lahir, pasfoto berwarna

 

Peserta menandatangani surat-surat pèrnyataan dan melampirkan dokumen-dokumen yang disyaratkan.

 

Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris: Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat).

 

Bagi pendaftar Program S3 harus sudah memiliki rancangan usulan proposal awal.

Sangat bergengsi, dengan peluang sebagai profesor universitas, peneliti, pemimpin teknologi, atau chief technology officer.

Biaya kuliah mulai dari Rp15,000,000 per semester.

Kampus yang tersedia

Start Your Dream Career with Universitas Nusa Mandiri

Kuliah di Kampus Digital Bisnis, Buat Karirmu Makin Fantastis

© 2025 Universitas Nusa Mandiri. All Rights Reserved Sistem Informasi DIP

Facebook Comments Box

Navigasi

© 2025 Universitas Nusa Mandiri. All Rights Reserved Sistem Informasi DIP