Dosen STMIK Nusa Mandiri Mengadakan Pelatihan Mengetik Cepat Menggunakan Aplikasi Typing Master di Tengah Pandemi Covid -19 Via Aplikasi Zoom Meeting

Jakarta Nusa-Mandiri

Terkait dengan kondisi pandemi Covid-19, maka pengabdian masyarakat dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan pengabdian masyarakat bermaksud untuk membagikan ilmu yang dimiliki dengan tema teknik mengetik cepat menggunakan tehnik 10 jari dan didukung dengan aplikasi Typing Master. Kecepatan dalam mengetik sangat diperlukan untuk dapat memudahkan mengakses suatu sistem aplikasi, contohnya ketika kita sedang membuat dokumen. Selain itu dengan adanya pelatihan ini juga dapat  menambah wawasan dan keterampilan para remaja yang turut serta menjadi peserta pada pelatihan ini khususnya pengetahuan di bidang ilmu komputer. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertempat di Jl. Kramat IV No.86, RT.8/RW.10, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Bagi dosen STMIK Nusa Mandiri, tujuan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini  adalah penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pelatihan dan menyampaikan pengetahuan mengenai teknologi dibidang ilmu komputer bagi Remaja Masjid Ar–Royyan. Adapun kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk pengajaran seperti pelatihan, pemaparan teori serta praktek menggunakan aplikasi zoom yang berlokasi di Jl. Kramat IV No.86, RT.8/RW.10, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Peserta mendapatkan file modul yg dikirimkan via email sesuai dengan tema pelatihan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini juga mendapatkan e-sertifikat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibawah tanggung jawab Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si,M.M, M.Kom dengan Ketua Pelaksana Siti Marlina, M.Kom dan bertindak sebagai tutor Wida Prima Mustika, M.Kom dan didukung oleh anggota yang terdiri dari dosen yaitu Syarif Hidayatulloh, M.Kom. Tidak lupa juga kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yaitu Nani Maulia Hapsari, Evelina Monica Indrawati Anita Febrianti A dan Vianny W Pasaribu sebagai asistan tutor. Keikutsertaan mahasiswa diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka dalam bersosialisasi dan menambah pengalaman mahasiswa untuk terjun ke lingkungan masyarakat.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat pada semester ini berjalan dengan lancar meskipun tidak bertemu secara langsung karena melaui daring menggunakan aplikasi zoom di Jl. Kramat IV No.86, RT.8/RW.10, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yang dilaksanakan pada hari/tanggal (Sabtu, 16 Mei 2020). Namun peserta tetap merasa sangat senang dan juga antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini karena mendapat ilmu pengetahuan dibidang ilmu komputer khususnya materi mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari.

Melalui cara inilah dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengabdikan dirinya. Pengabdian kepada masyarakat ini bersifat secara terus-menerus, dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta berencana untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di tempat-tempat lain agar mereka dapat membagikan ilmu mereka kepada masyarakat melalui pengajaran, pengenalan teknologi khususnya di bidang ilmu komputer.