Belajar Menguasai Microsoft Excel untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Berkarir

Jakarta, NusamandiriNews – Sudah lebih dari satu tahun Indonesia mengalami perubahan yang sangat berbeda pada setiap aspek kegiatan/aktifitas, hal ini disebabkan oleh menyebarnya virus COVID-19. Kebiasaan-kebiasaan yang selalu kita lakukan terutama kegiatan yang biasa kita lakukan diluar rumah kini sudah tidak dianjurkan, dan disarankan untuk melakukan penyesuaian selama pandemic masih belangsung yaitu melakukan berbagai kegiatan/aktifitas secara daring (online) baik dari segi belajar maupun bekerja.

Bekerja  dari dirumah atau yang sering disebut dengan WFH (Work from Home) menjadi suatu trend kebiasaan baru selama hampir satu tahun ini. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan untuk tetap berkreatifitas dan berkegiatan di rumah dengan menggunakan berbagai media yang bebasis daring dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi diri dalam melakukan suatu pekerjaan.

Saat ini, hampir setiap perusahaan menggunakan Microsoft Excel untuk mengelola data mereka namun kendala saat ini adalah ketersediaan sumber daya yang menguasai Excel tidak sesuai dengan keinginan perusahaan sehingga kerap terjadi keterlambatan pengelolaan data. Hal ini harus segera diantisipasi dalam pembelajaran on-line, mengingat Excel dalam pembelajaran di sekolah tidak begitu intens dan hanya sebagai pembelajaran tambahan dari beberapa teori.

Baca Juga : Dosen Universitas Nusa Mandiri Memberikan Penyuluhan Peran Teknologi Informasi Bagi Orangtua

Mungkin seharusnya sudah menjadi kebiasaan, sehingga dapat membantu kegiatan sehari-hari seperti mengelola keuangan, meringkas data, melakukan perhitungan bahkan yang begitu rumit, menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat berbagai grafik dan diagram, dapat menganalisis dan riset harga, perhitungan dari hasil penelitian, konversi mata uang dan lain sebagainya.

Karena hal tersebut, maka dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) memberikan sarana dan fasilitas bagi masyarakat untuk mengikuti edukasi meningkatkan kompetensi diri dalam berkarir dengan memanfaatkan sarana video conference dan Microsoft Excel.

Kegiatan pelatihan ini dalam rangka tugas Tri Dharma yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema kegiatan “Belajar Menguasai Microsoft Excel untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Berkarir”. Kegitatan ini  ditujukan kepada Karang Taruna RT 008 RW 013 Cipinang Melayu. Dengan maksud menambah wawasan serta keahlian karang taruna di wilayah tersebut.

Hal ini juga menjadi sarana untuk dapat digunakan dalam pengembangan diri dan sangat berfungsi di dunia kerja bahkan menjadi tolak ukur dalam bersaing didunia kerja.

Baca Juga : Dosen STMIK Nusa Mandiri Melakukan Pengabdian Masyarakat dengan Tema Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Secara Bijak Dikalangan Remaja

Kegiatan kali ini dilaksanakan pada tanggal 17 April 2021 dengan anggota kelompok yaitu Fitra Septia, Siti Nurdiani,Rochmat Setyawan, Taopik, dan Nova Yuda selaku dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan melibatkan 5 orang mahasiswa aktif.

Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh Bapak Bryan Givan, S.E, M.M selaku Kepala Kampus Universitas Nusa Mandiri Tower Jatiwaringin, Bapak H. Luqmanul Hakim selaku Ketua RW 013 Cipinang Melayu, dan Bapak Khotibul Umam selaku Ketua RT 008 Kelurahan Cipinang Melayu.

Di Akhir pelaksanaan kegiatan ini tentunya dosen-dosen Universitas Nusa Mandiri menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah senantiasa terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini khususnya ketua RW, ketua RT, dan Karang taruna setempat yang telah mendukung keberlangsungannya acara. Semoga ilmu yang diberikan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bermanfaat untuk masyarakat khususnya di kalangan remaja Karang Taruna RW 013 Cipinang Melayu.