Virtual Workshop Machine Learning for Data Mining and Software Engineering

Program Studi Ilmu Komputer (S2) STMIK Nusa Mandiri kembali mengadakan Virtual Workshop untuk membekali para mahasiswa-mahasiswinya dalam menghadapi tesis ditengah pandemi COVID-19. Kali ini kegiatan yang diadakan diperuntukkan bagi mahasiswa/i semester 3 yang mengambil peminatan Data Mining & Software Engineering pada hari  Minggu, 29 November 2020, yaitu kegiatan Virtual Workshop Machine Learning for Data Mining and Software Engineering dengan mengusung tema “Specialist Machine Learning & Data Science with PYTHON”.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta, bagaimana tidak, yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah seorang yang luar biasa yaitu seorang Founder dari TAU Data Indonesia sekaligus dosen di UIN Jakarta dan UI Depok yang menyelesaikan S3nya di Australia pada tahun 2017 di bidang Data Science, yaa.. siapa lagi kalau bukan Bapak Taufik Edy Susanto, M.Sc. Tech., Ph.D.

Manfaat dari kegiatan ini adalah mahasiswa semester 3 jenjang Magister Prodi Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri yang mengambil bidang peminatan Data Mining dan Software Engineering dapat memahami dan mengenal lebih dalam diluar dari pembelajaran yang disajikan dalam perkuliahan mengenai Machine Learning yang sedang marak ini dengan menggunakan bahasa pemrograman python.

Dalam materinya pemateri menyampaikan mengenai hubungan antara penelitian Data Mining dan Software Engineering, metode SDLC seperti waterfall, agile, dll. Selain teori yang disampaikan juga memberikan contoh studi kasus penelitian menggunakan python dengan memanfaatkan google collabs dan mengambil data dari TAU Data Indonesia mengenai sentimen analisis.

Acara yang diselenggarakan pukul 08:30 s/d 12:00 WIB ini berlangsung dengan baik dan penuh antusias dari para pesertanya yang lebih dari 50 orang. Beberapa pertanyaan muncul pada sesi tanya jawab. Kegiatan ini berlangsung menggunakan aplikasi video conference zoom meeting dan dipandu oleh moderator Sri Rahayu, M.Kom dengan host Mba Dian Afriani, S.Si, MM. Acara ini juga diawali dengan prakata dari Wakil Pimpinan Nusa Mandiri yang merupakan Ketua Pelaksana kegiatan ini, Ibu Eni Heni Hermaliani, MM, M.Kom selaku Sek.Prodi Ilmu Komputer memberikan prakatanya mewakili Kaprodi Ilmu Komputer Bapak Dr. Hilman F Pardede, ST, MEICT. Pukul 12:00 WIB acara ditutup dan pertanyaan yang masuk sudah dijawab oleh para pembicara, para pesertapun diminta mengisi kuesioner sebagai evaluasi acara agar terus lebih baik.