Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Secara Bijak Sesuai Dengan Literasi Digital Kepada Karang Taruna RT 008/013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar

Jakarta, NusamandiriNews – Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan pengabdian masyarakat, dengan tema “Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Secara Bijak Sesuai Dengan Literasi Digital Kepada Karang Taruna RT 008/013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar”. Mengingat sedang berlangsungnya social distancing dalam upaya pencegahan penularan virus Covid-19, maka dari itu kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Bryan Givan selaku Kepala Kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) Jatiwaringin dilanjutkan sambutan dari Ketua Ketua RW 013 Cipinang, Melayu yaitu Bpk. H. Luqmanul Hakim.

Baca Juga : Sosialisasi Corona Virus Di Panti Asuhan Mizan Amanah Kalideres Jakarta

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik antara pihak perguruan tinggi dengan masyarakat sekitarnya sekaligus perwujudan selaku makhluk sosial, selain itu pengabdian masyarakat juga merupakan wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta dari Karang Taruna RW 013 sangat antusias dan semangat mengikuti  pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar atau tutor yaituDiah Ayu Ambarsari, kegiatan ini dimulai pukul 10.00 s/d 12.00 WIB, materi yang diajarkan berupa Pemanfaatan Teknologi Informasi Secara Bijak Sesuai Dengan Literasi Digital. Menurut Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy, literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer.

Baca Juga : Nusa Mandiri Virtual Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi dengan Tema Kiat Sukses Lulus Sertifikasi Kompetensi

Literasi digital merupakan alat penting untuk mengatasi berbagai persoalan sosial seperti pornografi dan perundungan (bullying). Tujuan dari sosialisasi ini mengajarkan kepada karang taruna RW 013 keterampilan literasi digital untuk dapat mengakses, memilah, dan memahami berbagai jenis informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti kesehatan, keahlian dan keterampilan yang dapat diterapkan pada lingkungan keluarga dan masyarakat.

Mudah-mudahan peserta dari Karang Taruna RW 013 dapat mengambil manfaat dari sosialisasi yang telah diajarkan, sesuai dengan tujuan pengabdian masyarakat yaitu memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, dan persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.