Sosialisasi Aplikasi Google Family Untuk Kontrol Gadget Pada Anak

pengabdian masyarakat
pengabdian masyarakat

Jakarta, NusamandiriNews–Penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi bidang pengabdian masyarakat (PM) dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan PM dengan tema “Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Google Family Link Untuk Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Dimasa Pandemi pada Ibu-ibu Perumahan Griya Srimahi Indah”, dilaksanakan secara daring  melalui aplikasi zoom pada warga perumahan Griya Srimahi Indah, Sabtu (6/11).

Tim dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang melaksanakan kegiatan PM ini terdiri dari Fitra Septia Nugraha, Muhamad Hasan, Siti Nurdiani, Taopik Hidayat, Widiastuti, beserta lima orang mahasiswa yakni Sipmaji, Muhamad Wijaya, Arifuddin, Deni Fitriani dan Rifqi Fadhillah.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Pengolahan Data Dalam Menyusun Laporan Keuangan

Pengabdian Masyarakat

Fitra Septia Nugraha selaku ketua pelaksana mengatakan sosialisasi ini mengangkat tema yang berkaitan dengan kontrol anak menggunakan google family link untuk para orang tua.

“Adanya kegiatan ini diharapkan aplikasi google family link dapat mulai dipergunakan oleh peserta dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (16/11).

Mengingat perkembangan zaman, katanya media sosial sangat perlu adanya penyaringan dan kontrol orang tua pada anak, agar semua konten yang terdapat pada ponsel anak semua dapat terkontrol oleh orang tua.

“Peran kontrol ponsel pada anak sangat perlu digunakan agar anak mendapatkan akses atau informasi serta pemahaman anak sesuai dengan umur mereka, selain itu kontrol orang tua dapat membatasi anak dalam pergaulan dan sebagainya,” paparnya.

Muhammad Hasan selaku tutor menyampaikan saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham bahkan baru mengetahui aplikasi google family link serta pentingnya melakukan proses screening atau pengecekan, kontrol semua aplikasi ponsel.

“Kami berharap semoga dengan adanya aplikasi kontrol anak dengan google family link dapat membantu orang tua dalam membatasi anak bermain ponsel pintarnya dan menjaga akses media atau konten yang tidak sesuai umur anak,” tegasnya.

Baca juga: Pelatihan Pembuatan Website Portofolio Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Dan Keterampilan Teknologi

Sehingga, imbuhnya tujuan dari sosialisasi aplikasi google family link ini dapat tercapai dan dapat membantu para orang tua dalam upaya menjaga anak bermain Handphone.

“Semoga dengan banyaknya orang tua yang mawas diri dan menggunakan aplikasi google family link dapat membantu dalam upaya untuk menekan pergaulan bebas dan informasi yang tidak sesuai untuk anak,” tutupnya. (UMF)