Dosen Pendamping Lapangan UNM Kawal Pelepasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar

DPL UNM Kawal Pelepasan Mahasiswa
DPL UNM Kawal Pelepasan Mahasiswa

Tangerang, NusamandiriNews–Kampus mengajar merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek), dimana program ini sudah memasuki angkatan ke-4.

Jordy Lasmana Putra, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) dari program studi (prodi) Informatika, terpilih menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dalam program Kampus Mengajar angkatan ke-4 ini.

Kokooh Jordy, sapaan akrabnya sangat antusias dalam melaksanakan tuganya sebagai DPL, mengawal pelepasan mahasiswa program Kampus Mengajar dengan melakukan kordinasi pada pihak Dinas Pendidikan dan sekolah penempatan.

Baca juga: Tiga Dosen UNM Lolos Sebagai Pembimbing Lapangan Program MBKM Kampus Mengajar Angkatan III

DPL UNM Kawal Pelepasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar

“Saya sebagai DPL bertanggung jawab untuk mengawal dan mesukseskan program Kampus Mengajar ini, pada Selasa (2/8) lalu, saya bersama mahasiswa melakukan koodinasi dengan dinas pendidikan kota Tangerang,” terangnya dalam rilis yang diterima, Selasa (9/8).

Koordinasi ini, katanya menjelaskan sekaligus pelepasan dari dinas pendidikan kota Tangerang dan dilakukan secara hybrid, beberapa perwakilan DPL dan mahasiswa dengan penempatan di kota Tangerang hadir secara luring dan sebagian hadir secara daring.

“Atas permintaan dari dinas, hanya perwakilan saja yang bisa hadir secara luring, saya dan mahasiswa saya hadir secara daring, dimana kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” tandasnya.

Selanjutnya, ia melakukan koordinasi dan pelepasan mahasiswa ke pihak sekolah penempatan, yaitu: SD Negeri Kampung Baru 1.

“Untuk pelepasan ke sekolah saya dan mahasiswa hadir pada Rabu (3/8) silam, dan kami disambut dengan penuh kehangatan oleh pihak sekolah, oleh Tarmizi yang merupakan wali kelas 6, sekaligus Plt kepala sekolah, dikarenakan kepala sekolah sedang ibadah haji,” ungkapnya.

Koordinasi dan pelepasan mahasiswa di sekolah ini, terangnya juga diwarnai dengan diskusi oleh bapak/ibu guru bersama DPL dan Mahasiswa, terkait pembahasan program Kampus Mengajar yang akan dilaksanakan sampai dengan bulan Desember 2022 mendatang.

“Kami juga diundang untuk rapat kecil, melakukan perkenalan dan membahas secara garis besar terkait program Kampus Mengajar ini pada bapak/ibu guru di sekolah SD Negeri Kampung Baru 1 ini,” jelasnya.

Sementara itu, Tarmizi selaku Plt. Kepala Sekolah mengatakan akan memfasilitasi dan juga mendukung kegiatan positif ini, mewakili kepala sekolah SD Negeri Kampung Baru 1.

Baca juga: Kampus Mengajar Sudah di Mulai Lagi, DPL dari UNM Lakukan Koordinasi ke Suku Dinas dan Sekolah

“Kepala sekolah pun sudah mengetahui kegiatan ini dan mendukung pelaksanaannya, kami pun akan membuat agenda jadwal kegiatan yang dapat mahasiswa laksanakan selama program Kampus Mengajar ini,” tandasnya.

Ia berharap kegiatan Kampus Mengajar juga dapat membekali guru-guru yang bertugas di SD Negeri Kampung Baru 1, terkait pemahaman tentang Kurikulum Kampus Merdeka yang sudah mulai diterapkan di sekolah.

“Saya berharap, mahasiswa yang bertugas di sekolah kami, bisa berkolaborasi dengan guru-guru untuk mensukseskan Kurikulum Merdeka,” tegasnya. (UMF)