Dosen Kampus Digital Bisnis UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Canva

Pelatihan Pemanfaatan Canva
Pelatihan Pemanfaatan Canva

Depok, NusamandiriNews–Pendidikan sangat penting bagi setiap generasi, terutama bagi generasi muda dalam memajukan pendidikan yang baik dan meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Saat ini, teknologi sangatlah maju dan canggih, setiap guru dan siswa dianjurkan untuk mengerti teknologi sebagai upaya untuk peningkatan mutu pendidikan.

Dosen Universitas Nusa Mandiri mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok dengan tema “Implementasi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa/I Pada Yayasan Sakinah Depok”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (4/3) pukul 13.00 – 16.30 WIB di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok dan diikuti oleh 20 peserta.

Salah satu metode pembelajaran yang baik, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mengikuti perkembangan teknologi dengan adanya media pembelajaran sebagai acuan dari proses belajar mengajar. Adanya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, membuat guru dan siswa menerapkan pembelajaran dengan penguasaan keterampilan baru, menciptakan sesuatu dalam pengaplikasian media pembelajaran.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Canva Pada Karang Taruna

Dosen UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Canva

Ridwansyah selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini menyampaikan bahwa media pembelajaran merupakan sarana yang sangat mendukung dalam proses belajar mengajar, baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

“Dalam proses belajar mengajar, sangat penting bagi guru dan siswa untuk mengetahui tentang media pembelajaran untuk menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif,” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (9/3).

Ia juga menyebutkan bahwa salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran yakni aplikasi Canva.

“Aplikasi ini merupakan program desain online yang menyediakan bermacam peralatan di antaranya presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, dan jenis lainnya,” ungkapnya.

Dalam pemanfaatannya untuk membuat media pembelajaran, jelasnya Canva menyediakan jenis jenis presentasi, salah satunya adalah presentasi dalam pendidikan.

“Maka dosen Kampus Digital Bisnis UNM, memberikan pelatihan pemanfaatan Canva ini guna membantu para guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Sementara itu, Hendri Mahmud Nawawi sebagai tutor kegiatan pengabdian ini membahas mengenai implementasi Canva sebagai media pembelajaran.

Materi yang disampaikan berkaitan dengan bagaimana memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Ada banyak sekali template yang dapat kita gunakan dari aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Dosen Prodi Sains Data Beri Pelatihan Digitalisasi

“Aplikasi Canva sangat bermanfaat untuk pembelajaran karena memiliki banyak desain menarik, kaya akan fitur, mudah digunakan, dan dapat diakses melalui web atau android,” tegasnya.

Selain itu, terangnya aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, dapat meningkatkan kreativitas peserta didik, dan menciptakan pembelajaran yang kolaboratif.

“Pembelajaran pun menjadi menyenangkan dan tidak membosankan,” tegas Hendri. (UMF)