UKM Taekwondo Sukses Laksanakan Program Kibar Ramadhan

Program Kibar Ramadhan
Program Kibar Ramadhan

Jakarta, NusamandiriNews – Program Kibar Ramadhan sukses terlaksana di tahun 2023 ini. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Nusa Mandiri sukses menyelenggarakan aksi kemanusiaan berupa berbagi takjil dan bahan sembako yang diperuntukkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 14 April 2023 untuk berbagi takjil dan Senin, 17 April 2023 berbagi bahan sembako. Kedua kegiatan berbagi ini berlokasi di Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Jatiwaringin.

Ketua Taekwondo Nusa Mandiri, Rina Agustina mengatakan bahwa Kibar Ramadhan merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial dari Taekwondo Nusa Mandiri untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di bulan suci Ramadhan.

Baca juga: UKM Taekwondo UNM Kumpulkan 7 Medali di Ajang Baladhika 2022

Program Kibar Ramadhan

“Kibar Ramadhan ini memang sudah menjadi program kerja jangka panjang Taekwondo Nusa Mandiri yang sudah ada sejak tahun 2022. Namun tahun 2023, kegiatan berbagi ini berlangsung selama 2 hari, dengan alasan agar semua anggota Taekwondo Nusa Mandiri dapat berkontribusi mengingat pada tahun sebelumnya hanya pengurus inti saja yang bisa turut serta karena pada hari program berlangsung ada kesibukan dari masing-masing anggota,” ujar Rina dalam rilis yang diterima, Selasa (18/4).

Rina juga mengungkap terima kasih atas bantuan donasi yang dikumpulkan oleh anggota Taekwondo Nusa Mandiri yang bersedia menopang kegiatan ini hingga terlaksana dengan optimal.

“Untuk seluruh anggota Taekwondo Nusa Mandiri saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua yang telah mengumpulkan donasi berupa uang dan sembako, serta terima kasih juga untuk semua yang sudah mau meluangkan waktu dan bersedia membantu selama proses kegiatan,” terangnya.

Pada saat kegiatan berlangsung, Destika Fitryana selaku Wakil Ketua Taekwondo Nusa Mandiri menyampaikan Kibar Ramadhan sendiri merupakan singkatan dari ‘Kita Berbagi di bulan Ramadhan’.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama makhluk sosial serta memenuhi tanggung jawab taekwondoin yang ada pada janji Taekwondo Indonesia dalam hal selalu berlaku jujur dan bertanggung jawab,” katanya saat diwawancara pada waktu kegiatan berlangsung, Senin (17/4) lalu.

Ia juga menambahkan bahwa dengan mengambil makna “tanggung jawab” dari janji Taekwondo tersebut, saling memberi merupakan tanggung jawab moral sebagai makhluk sosial.

“Semoga kegiatan ini dapat terus terselenggara dengan rutin setiap tahunnya agar tujuan yang dipertimbangkan saat awal program ini disepakati, bisa tercapai dengan maksimal,” harapnya.

Baca: Atlet Taekwondo UNM Kembali Dulang 9 Medali

Sementara itu, salah satu warga yang menerima bantuan Program ‘Kibar Ramadhan’ dari Taekwondo Nusa Mandiri ini, mengaku senang dan berterimkasih. Mamat namanya merasa terbantu dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Taekwondo Nusa Mandiri.

“Terima kasih banyak kepada Taekwondo Nusa Mandiri yang mau berbagi dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Mamat. (UMF)