Pelajar Magang di MDU Bisa Ciptakan Teknologi Sensor Kebakaran Rumah

Pelajar Magang di MDU
Pelajar Magang di MDU

Depok, NusamandiriNews–Keamanan rumah yang baik perlu diciptakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya musibah yang tidak diinginkan. Api yang digunakan untuk memasak sudah menjadi kebutuhan keseharian.

Namun, hal tersebut menjadi masalah dengan banyaknya musibah kebakaran yang terjadi jika melihat kepada kasus yang terjadi akibat percikan api. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang dapat memberi peringatan dini, pendeteksi api agar dapat ditangani secepat mungkin.

Baca juga: Meriah, Festival Seni YPUI 2022 Bersama UNM Kampus Margonda

Pelajar Magang di MDU

Dua siswi magang di Mandiri Digital Universe (MDU) atau Lab NextOne asal SMKN 2 Depok bernama Meiza Zafira Angraini dan Marshella Wulandari berhasil ciptakan alat pendeteksi dini adanya api.

MDU atau Lab NextOne sebagai salah satu startup yang bergerak di bidang teknologi dan content creative bekerjasama dengan Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus margonda memberikan bimbingan pada siswa magang dalam mengembangkan ide-ide bermanfaat di masyarakat.

Menurut Meiza Zafira Angraini, penting di rumah memiliki alat pendeteksi api, hal ini untuk membantu dalam proses pencegahan bencana yang terjadi karena kebakaran.

“Kebakaran bisa saja terjadi dari konsleting listrik atau kelalaian penghuni rumah yang dapat berakibat musibah yang merugikan banyak orang,” ujar Meiza dalam rilis yang diterima, Rabu (14/6).

Ikut magang di MDU ini, ungkapnya mendapatkan banyak ilmu dan pembinaan yang didukung dengan fasilitas cukup baik dari Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda.

Baca juga: Bagikan Pengalaman Menarik Untuk Para Siswa, MDU dan Universitas Nusa Mandiri kampus Margonda Sukses Gelar CreaBesT

“Ada fasilitas peralatan arduino dan sensor yang bisa kami gunakan untuk mendukung saat menciptakan alat, kami juga mendapatkan pembinaan dan bimbingan bukan hanya dari coach pembina di MDU tapi juga coach dari UNM kampus Margonda,” jelasnya.

Sementara itu, Andry Maulana selaku kepala kampus UNM kampus Margonda menyampaikan, Kampus Digital Bisnis UNM terus menjalin kerjasama ini dengan MDU untuk membantu dalam meningkatkan keterampilan generasi muda di bidang teknologi.

“Dengan semangat terus berkreasi dalam menciptakan teknologi yang bermanfaat untuk kehidupan, UNM dan MDU terus mendukung karya anak bangsa demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” tutupnya. (UMF)