Perpustakaan UNM Bekali Pengetahuan Literasi Digital dalam Menulis Karya Ilmiah

Webinar Literasi Digital
Webinar Literasi Digital

Jakarta, NusamandiriNews–Perpustakaan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses mengadakan webinar dengan tema “Kemampuan Literasi Digital dalam Penulisan Karya Ilmiah”. Webinar Perpustakaan ini di hadiri Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Nita Merlina memberikan sambutan menyampaikan keprihatinan kemampuan literasi di Indonesia menurun hingga 10 besar terbawah.

Baca juga: Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri Sukses Gelar Webinar

Perpustakaan UNM Bekali Pengetahuan Literasi Digital

Dr Nita Merlina mengungkapkan tingkat budaya membaca dan analisa masih kurang baik oleh karena itu adanya webinar ini guna menggali kembali informasi terkait pentingnya menaikkan budaya literasi.

“Pentingnya menaikkan budaya literasi dalam meningkatkan pendidikan dan berkarakter sangat berperan untuk kemajuan bangsa dan tujuan budaya literasi ini serta menciptakan tradisi berfikir kritis dengan membaca dan menulis sehingga menciptakan karya tulis ilmiah yang berkualitas dan berdaya guna,” jelasnya.

Narasumber webinar ini, Friyadie selaku Redaktur Jurnal Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyampaikan dalam materinya menyampaikan kemampuan literasi digital bisa dengan memahami bagaimana cara mengakses ke berbagai sumber untuk mencari, mengevalusi dan mengolah informasi.

“Meningkatkan kemampuan literasi digital bisa dengan memahami bagaimana cara mengakses ke berbagai sumber untuk mencari, mengevalusi dan mengolah informasi. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa meningkatkan kemampuan analisis kita, meningkatkan etika dan hak cipta, agar karya ilmiah terhindar dari plagiarisme dan pelanggaran hak,” paparnya.

Baca juga: Kemampuan Literasi Digital Bantu Penulisan Karya Ilmiah

Ia menjelaskan kemampuan literasi digital sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan keefektifan dalam penulisan karya ilmiah.

“Dengan literasi digital yang kuat dapat membantu peneliti meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka, memperluas jangkuan hasil penelitian dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan,” tandasnya. (UMF)