Event CreaBesT UNM : Podcast Jadi Salah Satu Media Komunikasi Digital Populer

NewsNusamandiri, Jakarta – Mandiri Digital Universe (MDU) atau Lab Next-One berkolaborasi langsung dengan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan CreaBesT (Creative, Business and Tallent) selama tiga hari, Senin – Rabu, 20-22 November 2023 berlokasi di Gedung Nusa Mandiri Tower, Jl. Raya Jatiwaringin No.2, RT.8/RW.13, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Jakarta Timur.

Baca Juga : CreaBesT Berikan Pengalaman Produksi Podcast Bagi Pelajar

Dengan tajuk “Content Creator is a Boss (Big on Small Screen)” kegiatan tersebut turut mengundang siswa/i SMK/SMA/MA sederajat yang berada di wilayah Jakarta Timur atau Bekasi, serta menghadirkan beberapa narasumber, yakni Hamdun Sulaiman selaku Content Creator.

Hamdun Sulaiman, dalam materinya menjelaskan bagaimana cara membuat Program Podcast dengan menggunakan vMix.

“Dalam membuat program podcast, kita harus memiliki beberapa unsur antara lain Sumber Daya Manusia, Perlengkapan, Virtual Stage dan Aplikasi yang digunakan, hal tersebut untuk memudahkan dalam pembuatan program podcast,” ujar Hamdun dalam materinya, Selasa (21/11).

Baca Juga : Lewat CreaBesT, Siswa SMK Dalami Peran Jadi Content Creator dan Podcaster

Ia juga menjelaskan bahwa di dalam dunia podcast terdapat beberapa Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain menjadi seorang Podcaster, Floor Director (FD), Cameramen, dan Master Control.

“SDM yang diperlukan yakni terdiri dari beberapa unsur yaitu Podcaster yaitu Host dan Narasumber, kemudian FD yakni orang yang mengatur berjalannya podcast, kemudian seorang cameraman yang bertugas untuk mengambil gambar host dan narasumber serta yang terakhir yaitu Master Control yaitu bertugas sebagai operator,” tandas Hamdun.