Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) Sukses Gelar Sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Tahun 2024

NIC Sukses Gelar Sosialisasi LIDM 2024
NIC Sukses Gelar Sosialisasi LIDM 2024

Jakarta, NusamandiriNews–Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) secara sukses menyelenggarakan acara Sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024. Acara ini diadakan pada Selasa 19 Maret 2024, secara daring pukul 10:00 hingga 12:00 WIB. Kegiatan dipandu oleh Ummu Radiyah dan dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor 2 bidang non-akademik Universitas Nusa Mandiri (UNM), Arif Hidayat juga dihadiri narasumber Fitra Septia Nugraha selaku kepala NIC.

Dalam sambutannya, Arif Hidayat menyatakan bahwa LIDM bukan sekadar pencarian materi lomba atau hasil lomba semata, namun juga merupakan wadah untuk menumbuhkan semangat inovasi di kalangan mahasiswa.

Baca juga: Nusa Mandiri Innovation Center Akan Gelar Sosialisasi LIDM Tahun 2024

Sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Tahun 2024

“Pentingnya peran mahasiswa dalam membangun pendidikan di Indonesia, serta keyakinan bahwa mahasiswa memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi melalui inovasi,” tegasnya.

Ia menyebutkan bahwa melalui Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ini, diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan karya-karya inovatif yang dapat menginspirasi dan memberikan masukan baru.

“Dengan ikuti LIDM tahun 2024 ini, diharapkan dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, kreatif dan inovatif,” tandasnya.

Selanjutnya pemaparan materi oleh, Fitra Septia Nugraha selaku Kepala NIC menjelaskan secara mendetail mengenai berbagai aspek terkait Lomba Inovasi Digital Mahasiswa, mulai dari syarat administratif, jadwal kegiatan, hingga aturan lomba.

“Ada lima divisi yang diperlombakan dalam LIDM tahun 2024 ini, yakni Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi dalam teknologi digital pendidikan, Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP), yang fokus pada penggunaan teknologi digital dalam strategi, pendekatan, metode pembelajaran, dan evaluasi untuk memudahkan pemahaman dan pencapaian tujuan belajar, Divisi Video Digital Pendidikan (VDP), sebagai sarana pendidikan untuk masyarakat dengan pendekatan pendidikan dalam memecahkan masalah-masalah aktual,” paparnya.

Baca juga: Universitas Nusa Mandiri Siap Hadapi Kompetisi LIDM 2021 Tingkat Nasional

Kemudian, lanjut Fitra ada Divisi Poster Digital Pendidikan (PDP), sebagai media bagi gerakan kepedulian mahasiswa terhadap percepatan teknologi digital dalam bentuk poster dan terakhir Divisi Microteaching Digital Pendidikan, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik peserta didik melalui penerapan teknologi digital dalam bentuk microteaching.

“Harapan besar terletak pada kontribusi inovatif yang akan dihasilkan oleh para peserta, serta peran pentingnya dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Kami dari tim NIC mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan acara ini,” tutup Fitra. (UMF)