Tingkatkan Mutu Audit, Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Workshop COBIT

Workshop COBIT Prodi Sistem Informasi
Workshop COBIT Prodi Sistem Informasi

Jakarta, NusamandiriNews–Program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga mengelar workshop tahap audit sistem informasi dengan COBIT (Control Objectives for Information and Related Technologies) secara daring pada Sabtu, 8 Juli 2024, pukul 14.00 -16.30 WIB.

Narasumber pada kegiatan ini, Juarni Siregar, konsultan & auditor IT, dengan moderator Rani Irma Handayani selaku dosen UNM.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi UNM Gandeng NSC Gelar Bootcamp Digital Bisnis

Workshop COBIT Prodi Sistem Informasi

Juarni Siregar menjelaskan mengenai pengertian dan tujuan audit SI, langkah-langkah melakukan audit sistem informasi dengan COBIT, perkembangan COBIT dan COBIT 2019.

“Audit Sistem Informasi merupakan proses penilaian terstruktur terhadap keamanan, efektivitas dan efisiensi sistem informasi suatu organisasi,” ungkap Juarni.

Ia juga menjelaskan ruang lingkup, manfaat, tujuan audit sistem informasi, proses audit sistem informasi dan langkah-langkah melakukan audit sistem informasi dengan COBIT.

Menurut Juarni, cara memanfaatkan audit COBIT dalam perusahaan yaitu dengan memahami sungguh-sungguh IT Governance dengan COBIT, rancanglah IT Governance dengan menggunakan COBIT, lakukan Implementasi melalui Tools dan Instrumen COBIT, belajar dan memutakhirkan penggunaan kerangka COBIT dan Lengkapi COBIT dengan Kerangka lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM, Asyik Belajar di Luar Kelas, Bahas Tentang Enterprise Architecture

“COBIT 2019, yang diperkenalkan oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association), adalah evolusi dari versi sebelumnya, COBIT 5 dan membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan yang bertujuan untuk menyesuaikan kerangka kerja dengan tantangan dan kebutuhan teknologi modern,” papar Juarni.

Juarni menegaskan bahwa COBIT 2019 terdiri dari beberapa domain yang dirancang untuk membantu organisasi mengelola dan mengatur informasi dan teknologi secara efektif yaitu EDM (Evaluate, Direct, and Monitor), APO (Align, Plan, and Organize), BAI (Build, Acquire, and Implement), DSS (Deliver, Service, and Support), MEA (Monitor, Evaluate, and Assess).

“Dengan adanya workshop tahap audit sistem informasi dengan COBIT diharapkan para peserta dapat memahami framework COBIT dan memberikan wawasan yang berharga serta keterampilan praktis dalam membuat audit sistem informasi,” ungkapnya. (UMF)