Dosen Prodi Ilmu Komputer FTI UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Literasi Digital

Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Menunjang Peningkatan Literasi Digital
Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Menunjang Peningkatan Literasi Digital

Jakarta, NusamandiriNews–Dosen Program studi (prodi) Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerja sama dengan organisasi JPRMI  (Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia).

Kegiatan PkM Universitas Nusa Mandiri kampus Damai untuk semester ini dilaksanakan pada Sabtu 7 September 2024 dengan mengusung tema Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Untuk mengelola  Organisasi Mesjid JPRMI.

Baca juga: Dosen Prodi Ilmu Komputer FTI Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Dalam Peningkatan Efisiensi Alur Kerja dengan Penerapan Metode Artificial Intelligence

Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Menunjang Peningkatan Literasi Digital

Dosen prodi Ilmu Komputer yang terlibat pada kegiatan ini adalah Prof Dr Ir Dwiza Riana sebagai ketua, Prof Dr Hilman Ferdinandus Pardede, sebagai tutor dengan materi yang di paparkan adalah “Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Menunjang Peningkatan Literasi Digital”. Anggoto tim yang lain yaitu Ferda Ernawan, Ph.D dan Prof Dr Jufriadif Na’am serta beberapa mahasiswa prodi ilmu komputer.

Prof Dr Ir Dwiza Riana sebagai ketua, mengatakan bahwa kegiatan PkM ini merupakan salah satu kegiatan tri dharma yang rutin dilaksanakan setiap semester oleh semua dosen.

Baca juga: Pelatihan Transformasi Digital Organisasi melalui Implementasi AI Tanpa Coding

“Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi dan praktikum berupa Pengenalan teknologi Kecerdasan Artifisial,  Belajar AI: Tools dan source belajar, demo aplikasi antaranya ChatGPT dan membangun model AI sederhana: Teachablemachine,” terang Prof Dwiza dalam rilis yang diterima, Selasa (10/9).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditutup dengan diskusi antara peserta dan tutor, kemudian dilakukan pemberian kuesioner kepada peserta terkait evaluasi kegiatan kemudian photo bersama antara peserta, dosen-dosen yang mengikuti kegiatan PkM dan panitia kegiatan. (UMF)