Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM Kembangkan Desain UI/UX di Kementrian ATR/BPN

Kembangkan Desain UI/UX
Kembangkan Desain UI/UX

Jakarta, NusamandiriNews–Dunia pendidikan tinggi tidak hanya berfokus pada teori di kelas, tetapi juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia profesional. Salah satu bukti nyata adalah pengalaman Mila Restiani, mahasiswa semester 7 Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang saat ini tengah menjalani magang di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Mila, yang aktif dalam berbagai organisasi kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan kepanitiaan wisuda, memiliki hobi yang menarik, yaitu travelling. Ia percaya bahwa perjalanan tidak hanya sekadar mengunjungi tempat-tempat baru, tetapi juga membawa perspektif baru dalam memahami keberagaman budaya dan pandangan hidup.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM Siap Jadi Analis Program Handal, Bukan Sekedar Punya Ijazah Sarjana

Kembangkan Desain UI/UX

“Travelling memberikan saya kesempatan untuk melihat dunia melalui lensa yang berbeda,” ungkap Mila.

Mila diterima magang di Kementerian ATR/BPN pada 19 Agustus 2024 setelah menjalani proses seleksi yang cukup menantang. Selama magang, Mila berperan di tim Media Center, ia terlibat dalam mendesain prototype rekapan berita menggunakan Figma. Semua ini mengasah keterampilannya di bidang media dan teknologi, terutama dengan penggunaan aplikasi desain yang sudah ia pelajari di Prodi Sistem Informasi.

“Selama magang, saya benar-benar merasakan manfaat dari mata kuliah Desain UI & UX yang saya pelajari di semester 3. Ternyata ilmu tersebut sangat berguna ketika saya harus membuat desain prototype di Figma,” ujar Mila dalam rilis yang diterima, Senin (7/10).

Mila menekankan pentingnya doa, dukungan orang tua, serta persiapan yang matang seperti pembuatan CV yang rapi dan relevan. Ia memberikan pesan kepada mahasiswa lain agar tidak takut mencoba hal baru dan selalu berani menghadapi tantangan.

“Jadikan setiap tantangan selama magang sebagai batu loncatan menuju kesuksesan,” katanya.

Perjalanan Mila tidak akan semulus ini tanpa dukungan dari Nusa Mandiri Career Center (NCC). Sebagai pusat karier kampus, NCC berperan aktif dalam membantu mahasiswa mendapatkan akses dan peluang magang di berbagai institusi. Melalui program-programnya, NCC memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mahasiswa, termasuk dalam mempersiapkan CV, surat lamaran, serta simulasi wawancara. NCC juga menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun multinasional, untuk membuka kesempatan magang bagi mahasiswa.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM Mampu Buktikan Kompetensi Sebagai Programmer dan UI/UX Designer di PT DinarSMU

“Dukungan dari Nusa Mandiri Career Center sangat membantu saya dalam mempersiapkan segala kebutuhan administrasi dan memberikan informasi tentang berbagai peluang magang,” ujar Mila.

Ketua NCC, Muhammad Faisal menyampaikan bahwa peran aktif NCC dalam memfasilitasi mahasiswa tidak hanya meningkatkan kesempatan mahasiswa mendapatkan magang, tetapi juga menjadi jembatan antara dunia akademik dan profesional.

“NCC memberikan dukungan penuh pada seluruh mahasiswa Universitas Nusa Mandiri, seperti Mila telah membuktikan bahwa peluang untuk berkembang di dunia profesional terbuka lebar bagi mereka yang gigih dan mau berusaha. Pengalaman magang di Kementerian ATR/BPN memberikan Mila kesempatan emas untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus dan melihat dunia kerja secara langsung,” tandas Faisal. (UMF)