Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri Berikan Pelatihan Artificial Intelligence Pada Remaja Masjid

Pelatihan Artificial Intelligence Pada Remaja Masjid
Pelatihan Artificial Intelligence Pada Remaja Masjid

Jakarta, NusamandiriNews–Dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan Remaja Masjid Baitul Halim, Tegal Parang Jakarta Selatan. Acara yang berlangsung pada Minggu 6 Oktober 2024 dan melibatkan partisipasi aktif dari dosen, mahasiswa dan pengurus remaja masjid.

Pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Artificial Intelligence Dalam Membuat Power Point ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang cara memaksimalkan artificial intelligence dalam membuat power point untuk memudahkan kinerja dan mendukung program kerja organisasi.

Baca juga: Pemanfaatan Aplikasi Dalam Pengelolaan Data Arsip Pada Yayasan Kopia Raya Insani

Pelatihan Artificial Intelligence Pada Remaja Masjid

Antonius Yadi Kuntoro sebagai ketua pelaksana menyampaikan pentingnya penguasaan teknologi informasi untuk mendukung kinerja organisasi.

“Dalam pengelolaan organisasi diperlukan kemampuan adminstrasi yang baik dan penguasaan teknologi, salah satunya dengan memanfaatkan artificial intelligence untuk membuat Power Point sebagai alat bantu untuk promosi, publikasi dan administrasi,” terangnya.

Materi disampaikan oleh tutor M Rangga Ramadhan Saelan dengan dibantu anggota lainnya yaitu Riyan Latifahul Hasanah, Mila Desi Anasanti dan anggota mahasiswa. Materi dipaparkan secara teori dan praktik mengenai penggunaan ChatGPT sebagai teknologi AI generatif yang dapat digunakan untuk membuat presentasi PowerPoint.

“Membuat presentasi PowerPoint dengan cara biasa membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar untuk menyusun konten, memilih visual hingga menyempurnakan struktur dan desain. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisian dengan bantuan ChatGPT yang bisa menerjemahkan konsep atau ide yang kita pikirkan,” papar Rangga.

Baca juga: Dosen Universitas Nusa Mandiri Latih Guru Buat Web Tanpa Coding di Canva

Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi selama pelatihan yang dilaksanakan selama 3 jam dan merasa terbantu dengan pengetahuan baru yang mereka dapatkan. Peningkatan keterampilan digital diharapkan dapat mendukung kegiatan sosial dan administrasi Remaja Masjid Baitul Halim (RBH) Tegal Parang dengan lebih baik.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen FTI UNM dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, selain sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (UMF)