NusamandiriNews, Jakarta–Dalam upaya memperkuat keterampilan praktis dan memperluas wawasan mahasiswa terhadap dunia industri kreatif, Program Studi Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) akan menyelenggarakan kunjungan edukatif ke perusahaan industri kreatif C59 Bandung pada Kamis, 22 Mei 2025. Kegiatan akan dilaksanakan bersama dosen pengampu mata kuliah, Widi Astuti dan didampingi oleh Ketua Program Studi Bisnis Digital, Lia Mazia.
Menurut dosen pengampu mata kuliah, Widi Astuti mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi mata kuliah Desain Grafis yang menjadi salah satu mata kuliah unggulan pada Semester 2 di lingkungan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri.
Baca juga: Dosen Prodi Bisnis Digital UNM Ciptakan Inovasi Teknologi untuk Jaga Kesehatan Jemaah Haji
Prodi Bisnis Digital UNM Gandeng C59
“Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada proses nyata dalam pengembangan desain grafis untuk produk kreatif sekaligus mempelajari strategi branding yang diterapkan langsung oleh industri,” katanya dalam rilis yang diterima, Jumat (25/4).
Ia menegaskan melalui kunjungan ini, mahasiswa akan belajar langsung dari pelaku industri bagaimana desain grafis digunakan untuk membangun identitas visual sebuah produk.
“Hal ini sangat penting agar mereka tidak hanya menguasai aspek teknis, tetapi juga memahami konteks bisnis dan komunikasi dari setiap desain yang mereka buat,” jelasnya.
Sementara itu, Kaprodi Bisnis Digital UNM, Lia Mazia, menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan arah pengembangan kurikulum Prodi Bisnis Digital yang berorientasi pada industri digital kreatif.
Baca juga: Prodi Bisnis Digital UNM Siap Cetak Lulusan Unggul di Era Ekonomi Digital
“Melalui kunjungan ini, mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana desain grafis berperan besar dalam penciptaan nilai produk serta strategi komunikasi visual di dunia usaha. Ini juga sejalan dengan visi Prodi Bisnis Digital untuk mencetak lulusan yang adaptif terhadap perkembangan industri digital,” ungkap Lia.
Ia menambahkan kegiatan ini bagian dari upaya Universitas Nusa Mandiri terus menjalin sinergi dengan pelaku industri untuk memastikan proses pembelajaran di kampus selalu relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
“Kolaborasi ini menjadi salah satu strategi unggulan Prodi Bisnis Digital UNM dalam mendukung program link and match antara pendidikan tinggi dan dunia industri. Ikuti kunjungan ke C59, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami praktik desain grafis secara profesional, tetapi juga mendapatkan inspirasi dalam membangun kreativitas dan inovasi digital yang dibutuhkan di era ekonomi kreatif saat ini,” tutupnya.