Bekasi, NusamandiriNews—Dosen Program Studi (prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nusa Mandiri (UNM) bekerja sama dengan Komunitas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Naik Kelas sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertema “Optimasi Konten Digital untuk UMKM Naik Kelas Bekasi: Menarik Pelanggan di Era Digital.” Acara ini berlangsung pada Sabtu, 9 November 2024, di Songgo Jati, Bekasi.
Kegiatan ini diprakarsai oleh kelompok dosen prodi Manajemen yang terdiri dari Wahid Akbar Basudani selaku ketua, Bryan Givan sebagai tutor didampingi oleh anggota yakni Instianti Elyana dan Oby Eko Purwanto serta beberapa mahasiswa prodi Manajemen.
Pelatihan Optimasi Konten Digital untuk UMKM
Menurut Wahid Akbar Basudani selaku ketua, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan nyata dan Tri Darma Dosen terhadap pelaku UMKM di Bekasi agar mampu bersaing di era digital.
“Acara ini ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman mengenai strategi pemasaran digital yang efektif, terutama dalam pembuatan konten menarik yang mampu meningkatkan daya tarik dan penjualan,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (11/11).
Di acara ini, ujar Wahid para peserta yang terdiri dari pelaku UMKM di Bekasi diberikan pembekalan tentang berbagai cara optimasi konten digital yang dapat menarik perhatian pelanggan.
“Pelatihan meliputi strategi penulisan konten yang menarik, penggunaan media sosial, pemanfaatan foto dan video untuk promosi produk, serta teknik pengelolaan akun digital yang efektif,” jelasnya.
Materi yang disampaikan diharapkan dapat menjadi bekal bagi UMKM agar lebih siap dalam menghadapi persaingan di pasar digital.
Sementara itu, Instianti Elyana selaku kaprodi Manajemen juga anggota dalam kelompok pengabdian ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Prodi Manajemen FEB UNM dalam mendukung pengembangan UMKM lokal melalui teknologi digital.
Baca juga: Agar Penyimpanan Efektif dan Efisien, Kader PKK Ragunan Ikuti Pelatihan Arsip Digital
“Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap pelaku UMKM di Bekasi semakin mampu meningkatkan potensi bisnis mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui konten digital yang kreatif dan efektif,” tegasnya.
Ia menambahkan prodi Manajemen dan Komunitas UMKM Naik Kelas berencana untuk melanjutkan kerja sama ini melalui berbagai program pelatihan lainnya yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini.
Diharapkan dengan sinergi ini, para pelaku UMKM di Bekasi dapat terus bertumbuh dan naik kelas, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.
“Dengan adanya pelatihan ini, UNM berharap agar para pelaku UMKM lebih siap menghadapi tantangan digital dan dapat terus berkembang dalam industri yang semakin kompetitif,” tutupnya. (UMF)
Leave a Reply