Oleh: Instianti Elyana
Jakarta, NusamandiriNews–Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) merupakan inovasi yang sangat relevan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa manajemen. Melalui PBL, mahasiswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan secara langsung pada permasalahan nyata di dunia bisnis dan organisasi. Di tengah dinamika perubahan dunia bisnis yang semakin cepat dan kompleks, pendidikan tinggi dituntut untuk terus berinovasi agar dapat menghasilkan lulusan yang adaptif serta siap menghadapi tantangan global.
Salah satu inovasi pembelajaran yang saya terapkan di Program Studi Manajemen FEB Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) adalah Project-Based Learning (PBL). Menurut Instianti Elyana, Kaprodi Manajemen UNM, PBL memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dengan mengerjakan proyek-proyek nyata terkait bidang manajemen—mulai dari pembuatan rencana bisnis, analisis pasar UMKM lokal, hingga pengembangan strategi pemasaran digital.
Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek
Dengan metode ini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pemahaman teoretis tetapi juga keterampilan praktis seperti berpikir kritis (critical thinking), pemecahan masalah (problem solving), kerja sama tim (teamwork), serta komunikasi efektif. Pengalaman saya menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri mahasiswa secara signifikan.
Mereka menjadi lebih antusias karena dapat melihat dampak nyata dari hasil kerja mereka terhadap lingkungan sekitar maupun mitra industri yang terlibat dalam proyek tersebut. Selain itu, PBL melatih soft skill penting seperti kepemimpinan dan kemampuan presentasi ide di depan publik atau pelaku usaha. Hal ini sangat penting sebagai bekal utama menghadapi persaingan dunia kerja masa kini maupun masa depan.
Tentunya implementasi PBL memerlukan dukungan infrastruktur kampus serta kolaborasi aktif dengan berbagai pihak eksternal agar setiap proyek benar-benar memberikan manfaat luas bagi masyarakat maupun pengembangan keilmuan manajemen itu sendiri.
Sebagai dosen manajemen, saya yakin bahwa inovasi pembelajaran berbasis proyek akan menjadi kunci utama mencetak lulusan unggul—bukan hanya cerdas secara akademik namun juga siap bersaing di era globalisasi ekonomi saat ini.
Penulis: Instianti Elyana, Kaprodi Manajemen Universitas Nusa Mandiri
(UMF)