Tangerang, NusamandiriNews–Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dasar, khususnya untuk ibu dan anak, Posyandu Delima 1 yang terletak di Kelurahan Paninggilan Utara, Ciledug, Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Peningkatan Pelayanan Posyandu Delima 1 Paninggilan Utara dengan Media Sosial dan Komunikasi Digital”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Informasi Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan komunikasi digital dalam memperbaiki layanan dan meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 19 April 2025, mulai pukul 09:00 hingga 12:00 WIB, di Kantor Kelurahan Paninggilan Utara. Dalam acara ini, para kader Posyandu Delima 1 menerima pelatihan mengenai cara efektif menggunakan aplikasi WhatsApp Group untuk komunikasi antar kader, serta pelatihan pengelolaan akun media sosial untuk meningkatkan jangkauan penyebaran informasi kesehatan ke masyarakat sekitar.
Peningkatan Pelayanan Posyandu
”Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital para kader Posyandu agar mereka lebih efektif dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi terkait layanan kesehatan, baik melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun WhatsApp,” ujar Normah selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.
Ia menjelaskan melalui pemanfaatan teknologi digital, diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif terhadap kelancaran komunikasi antar kader, memperluas jangkauan informasi, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan kesehatan.
Baca juga: Pelatihan Analisa Data dengan Pivot Table bagi Anggota Badan Santunan Yatim RW 05, 06, dan 07 Depok
”Selain itu, kegiatan ini juga mendukung efisiensi administrasi Posyandu, sehingga pelayanan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” katanya.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan dua mahasiswa dan dua anggota tim dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri, dan didukung penuh oleh Posyandu Delima 1. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan Posyandu lainnya dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik. (UMF)