NusamandiriNews, Depok – Dalam upaya mencetak inovator muda di era digital, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) berkolaborasi dengan Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sukses menggelar Seminar Pembekalan Bootcamp Digital Bisnis bertema “Menggali Potensi Kecerdasan Artifisial dalam Transformasi Digital Bisnis”. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 12 Juni 2025 pukul 09.00–12.00 WIB di Aula UNM Kampus Margonda, Depok.
Sebagai Kampus Digital Bisnis, Universitas Nusa Mandiri terus mendorong mahasiswa untuk tidak hanya memahami teknologi, tetapi juga menguasai implementasinya dalam dunia usaha berbasis digital. Seminar ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi, Informatika, dan Sains Data yang antusias menggali inspirasi dan pengetahuan tentang dunia startup serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk bisnis masa depan.
Baca juga: FEB UNM Siap Gelar Bootcamp Digital Marketing, Ajak Mahasiswa Dalami Teknik Growth Hacking
Transformasi Ide Jadi Bisnis Digital?
Acara dibuka oleh Arfhan Prasetyo, Ketua Program Studi Informatika UNM. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya mahasiswa untuk membekali diri dengan kemampuan membangun bisnis berbasis teknologi guna menghadapi tantangan transformasi digital yang bergerak cepat.
“Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen UNM dalam membangun ekosistem wirausaha digital di lingkungan kampus, selaras dengan “Kuliah Beres, Bisnis Sukses”. Melalui seminar dan bootcamp ini, Universitas Nusa Mandiri berharap akan lahir lebih banyak talenta muda yang siap berinovasi dan membangun startup digital yang tidak hanya adaptif, tetapi juga berdampak secara sosial dan ekonomi,” paparnya dalam keterangan rilis yang diterima, Kamis (12/6).
Baca juga: Siap Tembus Dunia Digital? Yuk, Ikutan Bootcamp Growth Hacking UNM
Seminar ini menghadirkan Siti Nurlela, Kepala NSC Universitas Nusa Mandiri, sebagai narasumber utama. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan strategi membangun startup yang berkelanjutan, pentingnya menyusun model bisnis yang adaptif, serta kemampuan pitching sebagai salah satu kunci sukses dalam menarik investor.
“Melalui bootcamp ini, kami ingin mahasiswa tidak hanya jadi pengguna teknologi, tapi juga pencipta solusi digital yang punya dampak. NSC hadir untuk menemani mereka mulai dari ide hingga realisasi bisnis yang siap bersaing,” jelasnya.
Ia juga memaparkan rangkaian kegiatan Bootcamp Digital Bisnis yang akan berlangsung pada 18–19 Juni 2025, yang dirancang sebagai pelatihan intensif untuk mengasah kreativitas dan strategi digital mahasiswa.