Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Menunjang Kegiatan Di Karang Taruna

Dosen Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Canva
Dosen Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Canva

Tangerang, NusamandiriNews – Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang terdiri dari Fatmawati, Narti, Siti Nur Khasanah dan Hylenarti Hertyana melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan di Karang Taruna RW 23 Perumahan Permata Tangerang.

Dengan menggandeng 5 mahasiswa UNM semester 7 yaitu Ilham Qurbeni, Maria Pradista Paba, Siti Koningah, Anita Pujiati, Kustono untuk memaksimalkan berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

Baca juga: Pengolahan Big Data dengan Menggunakan Matlab

Pelatihan Aplikasi Canva

Kegiatan yang bertema “Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Menunjang Kegiatan Di Karang Taruna RW 23” dilaksanakan pada Sabtu, 9 April 2022, secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

Menurut Fatmawati selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa diadakannya pelatihan ini selain untuk menunjang kinerja dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi adalah untuk memberikan pelatihan kepada remaja karang taruna mengenai aplikasi canva dan memberikan pemahaman penggunaan aplikasi canva yang baik dan benar agar dapat menambah ilmu dan pengalaman dibidang teknologi agar lebih kreatif.

“Tujuannya adalah untuk menciptakan silahturahmi antara pihak perguruan tinggi dengan masyarakat sekitar agar terjalin hubungan social yang baik,” ujar Fatmawati dalam rilis yang diterima, Senin (11/4).

Selanjutnya, Siti Nur Khasanah selaku tutor menyampaikan bahwa Penggunaan Aplikasi canva belum banyak dikenal oleh remaja salah satunya dalam menunjang pembuatan desain grafis kegiatan dan media sosial.

“Adanya pelatihan ini diharapkan agar para remaja karang taruna dapat menggunakan waktu luang yang lebih positif dan kreatif, persoalan yang sering dialami dalam menggunakan media sosial adalah membuat konten yang menarik dan mudah,”paparnya.

Menurut wikipedia, terang Siti, canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya.

“Aplikasi milik perusahaan yang berkantor pusat di Sydney, Australia ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan,” imbuhnya.

Baca juga: Data Science Jadi Elemen Penting Bagi Ekonomi Digital

Kemudian, Fikri selaku ketua Karang Taruna RW 23 Perumahan Permata Tangerang mengatakan peserta pengabdian masyarakat diharapkan dapat menerapkan ilmu dan materi yang disampaikan agar dapat bermanfaat dan dapat berguna untuk menyalurkan kreativitasnya.

“Para peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop atau pelatihan itu, menurut mereka pelatihan tersebut temanya sangat tepat bagi mereka, karena mereka jadi bisa lebih creatif lagi dalam menciptakan konten visual. Kami ucapkan terimakasih pada pihak Universitas Nusa Mandiri (UNM) baik dosen yang telah berbagi ilmu maupun mahasiswa yang turut membantu dalam berlangsungnya acara pelatihan tersebut,” tutupnya. (UMF)