Pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Cloud Bagi Anggota Koperasi

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi
Pelatihan Pemanfaatan Teknologi

Bogor, NusamandiriNews–Koperasi Serba Usaha Komunitas Warga Bojong Gede (KSU KOWAGE) merupakan lembaga koperasi yang didirikan dengan semangat kebersamaan dan rasa keingginan untuk membentuk usaha namun terkendala dengan keterbatasan seperti modal usaha yang kecil dan lemahnya SDM.

Sulitnya mengakses informasi & teknologi serta sumber-sumber permodalanlainnya. Saat ini, KSU KOWAGE mempunyai beberapa hasil produk yang sudah dipasarkan baik secara offline ataupun online, ada beberapa kendala terkait kegiatan mereka salah satunya adalah penyimpanan gambar beberapa produk untuk kemudian dibuatkan katalog.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi

Pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Cloud

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk penyimpanan menggunakan teknologi cloud dari google yaitu google drive. Dengan memanfaatkan dan menggunakan teknologi, KSU KOWAGE bisa menyimpan produknya serta kegiatan koperasi kapanpun dan dimanapun.

Untuk membantu KSU KOWAGE, kelompok dosen Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan pelatihan pemanfaatan teknologi cloud, agar pelaku usaha di koperasi dapat menyimpat katalog produk dengan aman. Pelatihan dilaksanakan secara hybrid artinya luring dan daring, pada Sabtu (11/3).

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi dan juga salah satu kewajiban dari seorang dosen. Tim dosen UNM yang terdiri dari Ade Priyatna sebagai ketua, Eko Setia Budi sebagai tutor dan tim tutor yakni Sanwani dan Eva Zuraidah serta  dibantu oleh 5 mahasiswa dari Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Jakarta yaitu siti indriane maebari, Jodi Setiawan, Agung Primahadi Asta, Damar Nugraha, Rizky Maulana Ambya.

Ade Priyatna selaku ketua pelaksana mengatakan kegiatan pelatihan ini guna membantu memberikan pengetahuan pemanfaatan teknologi cloud untuk penyimpanan di Koperasi Serba Usaha Komunitas Warga Bojong Gede.

“Maksud diadakannya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen pada setiap semester. Dengan tujuan untuk sharing ilmu pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan mengenai Teknologi Cloud untuk Penyimpanan di Koperasi Serba Usaha Komunitas Warga Bojong Gede,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (20/3).

Baca juga: Dosen Prodi Sains Data Beri Pelatihan Digitalisasi

Sementara itu, Eko Setia Budi selaku tutor menyampaikan pelatihan ini dapat membantu pelaku usaha di koperasi dalam memanfaatkan teknologi.

“Anggota KSU KOWAGE dapat memanfaatkan google drive dalam menyimpan gambar-gambar produk untuk selanjutnya membuat katalog. Semoga dengan ikut pelatihan ini, peserta pelatihan mendapat wawasan dan pengetahuan yang baru,” tutupnya. (UMF)