Agar Penyimpanan Efektif dan Efisien, Kader PKK Ragunan Ikuti Pelatihan Arsip Digital

Pelatihan Arsip Digital
Pelatihan Arsip Digital

JAKARTA, NusamandiriNews—Pelatihan arsip digital dengan memanfaatkan teknologi cloud google drive diberikan untuk kader PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) kelurahan Ragunan, Jakarta. Kegiatan ini terkemas dalam bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), pada Sabtu (1/4) bertempat di UNM kampus Damai, Jl Damai No 8, Warung Jati Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tim dosen UNM kampus Damai ini terdiri Eko Setia Budi sebagai ketua pelaksana, Ipin Sugiyarto selaku tutor dan anggota tutor yakni Eva Zuraidah, Besus Maula Sulthon serta dibantu oleh lima mahasiswa yakni Herliansyah, Istiana Wahidah, Retno Widianingsih, Putra Ariyanto dan Alby Sukmana. Mereka sukses memberikan pelatihan pada kader PKK dengan mengangkat tema Pelatihan dan Pemanfaatan Penyimpanan Arsip Digital Dengan Teknologi Cloud Google Drive.

Baca juga: Kolaborasi UNM Dengan Pelaku UMKM, Dosen Kampus Digital Bisnis Buat Pelatihan Katalog Produk

Pelatihan Arsip Digital

Eko Setia Budi selaku ketua mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap semesternya sebagai bentuk tanggungjawab dan kewajiban dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

“Setiap pelatihan yang diberikan, mengacu pada kebutuhan mitra kami. Mitra kami kali ini ialah kader PKK yang kesulitan dalam menyimpan setiap data dan arsip kegiatan mereka, maka kami tim dosen UNM memberikan pelatihan arsip digital ini,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (3/4).

Sementara itu, Ipin Sugiyarto selaku tutor mengatakan teknologi awan atau cloud technology merupakan suatu tren dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Masa lampau, banyak masyarakat dalam organisasi memanfaatkan teknik penyimpanan arsip dan dokumen penting menggunakan harddisk pada pc atau laptop atau usb juga lainnya. Kini, semakin canggih perkembangan teknologi masyarakat dalam organisasi dapat memanfaatkan teknologi cloud,” paparnya saat memberi materi, Sabtu (1/4).

Baca juga: Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Family Link Untuk Kontrol Penggunaan Gadget Pada Anak

Ia menyampaikan kelebihan dari teknik penyimpanan dengan cloud ini mudah untuk diakses kapan saja, dimana saja dengan terkoneksi internet.

“Teknologi awan dengan memanfaatkan google drive ini merupakan layanan yang terintegrasi sangat baik juga memiliki kecepatan yang mudah untuk diakses pada satu aplikasi sehingga hal ini akan lebih efektif dan efisien bagi kader PKK,” tutupnya. (UMF)