Dosen Prodi Bisnis Digital UNM Adakan Pelatihan Optimalisasi Fitur Youtube Guna Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pelatihan Optimalisasi Youtube
Pelatihan Optimalisasi Youtube

JAKARTA, NusamandiriNews–YouTube merupakan salah satu bentuk media sosial atau website untuk berbagi video ataupun menonton video yang dibagikan oleh berbagai pihak. Dalam pemasaran era saat ini, YouTube sangat bermanfaat sebagai media pemasaran digital yang menyeluruh.

Selain sebagai media sosial dalam pemasaran digital, YouTube dapat bertindak sebagai media komunikasi, media dakwah, sarana edukasi, pemberdayaan perempuan, meningkatkan engagement atau hubungan dengan pelanggan, bahkan sampai pada peningkatan dan pemberdayaan ekonomi suatu daerah.

Minimnya pengetahuan masyarakat awam tentang pemanfaatan berbagai fitur YouTube, maka dosen Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Bisnis Digital merasa terpanggil mengadakan pelatihan optimalisasi fitur YouTube untuk pembedayaan ekonomi lembaga non-komersial.

Baca juga: Agar Penyimpanan Efektif dan Efisien, Kader PKK Ragunan Ikuti Pelatihan Arsip Digital

Pelatihan Optimalisasi Fitur Youtube

Salah satu bentuk kepedulian tersebut, dosen prodi Bisnis Digital UNM telah sukses mengadakan pelatihan pada hari Sabtu dan Minggu 1-2 April 2023, pukul 09.30-12.00 WIB di UNM Kampus Damai yang beralamat di Jl. Damai No. 8, Warung Jati Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan mitra Muslimah Wahdah Islamiyah Jakarta Selatan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Johan Hendri Prasetyo, dengan tutor pelatihan Fajar Sarasati yang dibantu oleh Luky Fabrianto dan Rizky Ade Safitri. Kelompok Dosen ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa UNM yakni Hamzah Ali Abdullah, Henny Yuwanda, Vinska Devianti, Regina Sephiani, dan Alfin Nur Laili Salma.

Johan Hendri Prasetyo selaku ketua kelompok menyampaikan peran pentingnya optimalisasi berbagai macam fitur youtube untuk dapat menyebarkan pesan dakwah secara menyeluruh dan tentu saja akan berdampak pada peningkatan ekonomi, khususnya anggota Muslimah Wahsah Islamiyah Jakarta Selatan.

“Kami menggelar pelatihan ini sebagai wujud tri dharma kami kepada masyarakat dan tentunya ingin membantu Muslimah Wahsah Islamiyah Jakarta Selatan guna mengembangkan perekonomian organisasi serta meningkatkan perekonomian anggotanya,” ujarnya pada media, Sabtu (1/4).

Pada kesempatan ini, Fajar Sarasati selaku tutor menyampaikan bahwa pemanfaatan fitur youtube yang optimal akan menghasilkan uang bagi para anggota Muslimah Wahsah Islamiyah Jakarta Selatan.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengenali dan mengoptimalkan berbagai fitur youtube, seperti autoplay, anotasi, mengatur kecepatan video, subtitle, download video. Pelatihan ini juga memperkenalkan berbagai macam format video, seperti listicles, video produk, panduan, success story, behind-the-scene, dan wawancara. Selain mengenali berbagai fitur youtube dan jenis-jenis video, melalui pelatian ini kami juga mengajarkan Canva sebagai aplikasi desain dan editing serta optimalisasi pengiklanan video youtube melalui Google Ads,” ujar Fajar pada peserta pelatihan.

Baca juga: Dosen Kampus Digital Bisnis UNM Berikan Pelatihan Perancangan UI/UX Aplikasi Arsip Digital Bagi PKK Kelurahan Ragunan

Dengan adanya pelatihan optimalisasi fitur youtube ini, kami berharap anggota Muslimah Wahsah Islamiyah dapat memahami berbagai macam fitur yang tersedia di youtube dan memahami penggunaan berbagai aplikasi yang dapat mendukung optimalisasi konten dan pemasaran video youtube.

“Semoga pelatihan ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi Muslimah Wahsah Islamiyah Jakarta Selatan dan anggotanya,” tutupnya. (UMF)