Kampus Digital Bisnis UNM Beri Pelatihan Kepemimpinan Pada Madaris di Jakarta Islamic Center

Pelatihan Kepemimpinan
Pelatihan Kepemimpinan

Jakarta, NusamandiriNews–Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) beri pelatihan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang diikuti oleh Mitra merupakan Kelompok Madaris di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Madaris sebagai kelompok organisasi non structural di bawah Pemda Provinsi DKI Jakarta yang berdiri di Eks Lokasi resosialisasi (Lokres) Kramat Tunggak, Tanjung Priuk Jakarta Utara.

Kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi dosen UNM ini dilakukan pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Tim dosen yang sukses melaksanakan kegiatan ini yakni Nova Yudha Andriansyah sebagai ketua pelaksana, Budhy Hery Pancasilawan sebagai tutor dan Ati Chandrasari, Eko Obu Purwanto sebagai tim tutor. Kegiatan ini juga dibantu oleh lima orang mahasiswa yakni Nakdin Satria, Khairul Rasid, Indri Rizkiana, Amalia Vania dan Hilda Hastari.

Baca juga: Dosen Sistem Informasi UNM Ajarkan Pengurus JPRMI Untuk Manfaatkan Pengelolaan Aset Digital

Pelatihan Kepemimpinan

Nova Yudha Andriansyah sebagai ketua pelaksana kegiatan pengabdian ini menyampaikan bahwa sebagai sebuah organisasi tentunya menjadi masalah utama prihal leadership atau kepemimpinan.

“Dalam sebuah organisasi perlu memiliki kepemimpinan yang baik untuk dapat membantu individu dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan kepemimpinan guna memimpin tim dengan efektif khususnya dalam organisasi Madaris,” katanya.

Tujuan utama dari pelatihan kepemimpinan ini, kata Nova untuk memfasilitasi pengembangan individu yang berpotensi menjadi pemimpin yang handal, sekaligus memperluas kemampuan dan pengetahuan mereka yang telah mengemban peran kepemimpinan.

“Bergantung pada tantangan yang dihadapi oleh organisasi, pemimpin membutuhkan pelatihan kepemimpinan baik untuk meningkatkan keterampilan soft skill maupun hard skill,” tegasnya.

Dalam pelatihan kepemimpinan, Budhy Hery Pancasilawan selaku tutor mengungkapkan bahwa peserta diajarkan tentang pentingnya membangun hubungan yang baik dengan anggota tim dan memahami perbedaan individual yang ada.

Baca juga: Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Penerapan E-Learning Pada Pengurus JPRMI di Era Milenial

“Hal ini penting karena manusia memiliki kompleksitas dan keunikan masing-masing dalam cara mereka merespons lingkungan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemimpin yang efektif akan mampu mengenali dan memenuhi kebutuhan individu, sehingga dapat menciptakan minat intrinsik yang kuat dalam pekerjaan yang dilakukan oleh anggota tim.

“Melalui pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik dan motivasi individu, pemimpin dapat memanfaatkan potensi anggota tim dengan optimal,” terangnya. (UMF)