Mahasiswa Magister Hiasi Hardiknas dengan Persiapan UTS

Perkuliahan secara online yang dilaksanakan sudah hampir 3 semester ini, tidak mengurungkan semangat para mahasiswa jenjang magister prodi ilmu komputer di Universitas Nusa Mandiri. Semester Genap 2020-2021 yang diawali pada bulan Maret 2021 kini sudah menginjak pertengahan semester, dibuktikan dengan jadwal ujian tengah semester yang tinggal menghitung hari.

Pelaksanaan ujian tengah semester ini tentu berbeda dengan jenjang – jenjang dibawahnya. Ujian tengah semester sebagai evaluasi pertemuan awal perkuliahan hingga pertengahan semester ini tidak melulu dilakukan dengan pengisian soal pilihan ganda ataupun essay, beberapa dosen prodi ilmu komputer memberikan arahan UTSnya kepada para mahasiswa untuk melakukan presentasi project baik secara individu maupun secara kelompok. Project yang dipresentasikan pada saat UTS oleh mahasiswa merupakan progres dari project besar yang harus selesai pada saat ujian akhir semester nanti. Project yang dikerjakan oleh para mahasiswa itu nantinya selain menghasilkan sebuah penelitian atau aplikasi juga ditulis dalam sebuah karya ilmiah jurnal nasional ataupun internasional.

Begitu banyak bentuk atau metode pembelajaran yang diberikan saat ini memberikan bukti perkembangan pendidikan Indonesia yang begitu pesat. Berbicara perkembangan pendidikan, perkembangan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari perjuangan Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan sang pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Ki Hajar Dewantara merupakan pendiri dari Taman Siswa untuk penduduk pribumi mendapatkan pendidikan yang sama dengan orang-orang bangsawan. Tanggal lahirnya, 2 Mei diresmikan menjadi Hari Pendidikan Nasional.

Dengan diperingatinya hardiknas, persiapan ujian tengah semester yang dimulai pada tanggal 3 hingga 8 Mei 2021 ini membuat para mahasiswa semakin bersemangat mengerjakan deadline project yang harus dipresentasikan dan berbagai materi yang harus dibaca ulang dalam mempersiapkan ujian tengah semester ini. Semoga semangat juang para pahlawan pendidikan tertular dan terus membakar semangat para generasi millenials Indonesia.