Dosen UNM Beberkan Trik Rahasia Microsoft Word

Pengabdian Masyarakat
Pengabdian Masyarakat

Jakarta, NusamandiriNews — Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap semesternya, oleh para dosen. Mengusung tema pelatihan Microsoft office, kegiatan ini ditujukan untuk anggota Karang Taruna Unit Rw.02 Bambu Apus Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, pada Sabtu (23/11) silam.

Anggi Octaviani selaku tutor menjelaskan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dalam pengelolaan dokumen digital, baik berupa pembuata proposal atau membantu dalam pembuatan laporan kegiatan yang rutin diadakan oleh Karang Taruna.

Baca juga: Citra Positif Lembaga Bangun Kepercayaan Masyarakat

Pengabdian Masyarakat

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan Microsoft word yang meliputi pembuatan laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat undangan, membuat tabel pada dokumen dan lain-lain. Lewat pelatihan ini juga, kami memberikan trik rahasia yang belum banyak diketahui orang dalam menggunakan microsoft word,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (22/11).

Trik Microsoft word yang jarang digunakan oleh orang adalah penggunaan shortcut keyboard yang dapat membantu dalam pembuatan dokumen dan laporan secara efektif dan efisien. Contohnya saja, cara memindahkan text yang paling sering digunakan adalah ‘copy+hapus+paste’ padahal dengan menggunakan shortcut ‘CTRL+F3’ untuk mengcopy sekaligus menghapus text kemudian menekan ‘CTRL+SHIFT+F3’ untuk mempaste text tersebut.

“Dalam membuat halaman baru, kita biasanya menekan ENTER berulang kali hingga muncul halaman baru. Padahal kita hanya perlu memberikan perintah ‘CTRL+Enter’ agar halaman baru yang diinginkan lebih cepat. Selain itu, ada hal yang paling kita sering lakukan adalah meng-copy paste sebuah artikel di internet. Namun, ketika di pindahkan ke word, kata tersebut jadi berantakan. Kita hanya perlu menghilangkan styling untuk memblock dan menekan ‘CTRL+Spacebar’ atau ‘CTRL+Shift+N’ untuk merubah jadi plain text,” imbuh Anggi.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Dosen UNM Dapat Dukungan Lurah Ragunan

Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat membantu anggota karang taruna Rw.02 Bambu Apus Kecamatan Cipayung, menjadi lebih efesien dan efektif lagi dalam pengelolaan dokumen, laporan, hingga pembuatan brosur serta pengeditan foto dengan memanfaatkan trik rahasia yang jarang digunakan oleh orang lain dalam menggunakan Microsoft word. (LAG)