Dosen UNM Ajari Pemuda Masjid Tentang Pengolahan Data di Era Digital

pengolahan data di era digital
pengolahan data di era digital

JAKARTA, NusamandiriNews—Data merupakan kumpulan informasi yang banyak dan biasanya akan berfungsi dalam mendukung dalam pengambilan keputusan. Pengolahan data merupakan salah satu proses penting dalam suatu penelitian maupun kegiatan organisasi. Melihat pentingnya data di era digital saat ini, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) ajari dan berbagi pengetahuan tentang pentingnya pengolahan data pada remaja dan pemuda Masjid yang terhimpun dalam suatu organisasi JPRMI (Jaringan Pemuda Remaja Masjid) DKI Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan secara daring, pada Minggu (27/3) pukul 09.00 WIB, dengan ketua pelaksana kegiatan Eko Setia Budi, tutor Besus Maula Sulton, anggota tutor Eva Zuraidah dan Ipin Sugiyarto juga dibantu oleh beberapa rekan mahasiswa yakni Agustin Ria Pratiwi, Ahmad Anshori Ardani, Melati, Fadila S Ismail dan Ahmad Fio Nugraha.

Baca juga: Pengolahan Big Data dengan Menggunakan Matlab

Pengolahan Data di Era Digital

Eko Setia Budi mengatakan bahwa pengolahan data secara umum banyak memberikan manfaat, terlebih di era digital saat ini, penting artinya seluruh elemen masyarakat yang tergabung dalam suatu organisasi resmi memiliki pengetahuan tentang pengolahan data yang baik dan benar.

“Untuk itu dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) tergerak untuk memberikan pemahaman dan berbagi ilmu pengetahuan tentang pengolahan data, agar dapat bermanfaat dalam peningkatan efisiensi operasional organisasi, meningkatkan inovasi dalam bisnis organisasi dan yang terpenting adalah dalam pengambilan keputusan organisasi sehingga visi misi dan tujuan dapat tercapai dengan maksimal,” terangnya pada media, Senin (28/3).

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi para dosen dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat.

“Dosen juga memiliki kewajiban tri dharma pada masyarakat selain pengajaran yang dilakukan di masing-masing perguruan tinggi. Kewajiban dosen juga melaksankan tugas mengabdi pada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu masing-masing,” ujarnya.

Oleh karena itu, tegasnya, adanya kegiatan ini selain sebagai suatu tanggungjawab pada masyarakat juga sebagai panggilan hati para dosen yang tergerak untuk berbagi ilmu pengetahuan seputar pentingnya pengolahan data.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan mendatangkan keberkahan pada semua. Semakin banyak pemuda yang pandai maka akan semakin berguna bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Pengolahan Data Dalam Menyusun Laporan Keuangan

Sementara itu, Muklis salah satu peserta kegiatan ini merasa senang dapat mengikuti kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya juga organisasi.

“Kegiatan ini bermanfaat bagi kami, dengan ikut kegiatan ini kami jadi banyak tahu tentang pengolahan data dan manfaatnya bagi organisasi. Terimakasih dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) telah berbagi ilmu pengetahuan pada kami,” katanya. (UMF)