Dosen UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desain Untuk Media Promosi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen UNM
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen UNM

Depok, NusamandiriNews–Koperasi wanita Atsiri Citayam termasuk dalam jenis koperasi konsumen yang melayani simpan pinjam dan penjualan sembako. Jumlah anggota dari koperasi tersebut ini sebanyak 24 pelaku UMKM. Adanya pertemuan rutin digunakan sebagai salah satu ajang menjaga silaturahmi dan saling bertukar informasi terutama bagi pengusaha UMKM.

Adanya Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia (PPKM) membuat pergerakan UMKM menjadi terbatas, dari sisi supply banyak UMKM mengalami pengurangan aktivitas  yang berujung pada terhentinya proses produksi, dan dari sisi demand berkurangnya permintaan atas barang dan jasa. Hal ini mengakibatkan banyak UMKM tidak dapat memaksimalkan keuntungan.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Analisa Data Bagi Pengurus PKK Duren Seribu

Dosen UNM Beri Pelatihan

Dampak ini juga terjadi pada Koperasi Wanita Atsiri, guna membantu menyelesaikan permasalahan ini dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) memberikan pelatihan berupa pemanfaatan platform media sosial.

Pemanfaatan perkembangan teknologi secara maksimal dapat menjadi solusi yang dapat diberikan. adalah berupa pelatihan pemanfaatan media sosial dan desain digital marketing dalam menunjang pemasaran dan promosi produk.

Heriyanto dosen UNM yang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dalam bentuk pelatihan ini mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatan kemampuan penggunaan media digital dan memberi pembelajaran pada Koperasi Wanita Atsiri.

“Pelatihan ini untuk membawa bisnis mereka menjadi lebih menguntungkan dan dikenal melalui media digital marketing yang didapatkan dari pelatihan ini. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat    berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat dikenal secara global,” ujarnya.

Ia menjelaskan pemasaran digital diartikan dengan pemasaran di mana pesan dikirim menggunakan media yang  tergantung pada transmisi digital.  Namun sejauh ini, internet merupakan media digital paling signifikan.

“Banyak sekali tokoh yang mengemukakan bahwa terjadi perubahan dalam pemasaran yang disebabkan  karena  perkembangan teknologi, terutama internet,” ungkapnya.

Baca juga: Peduli Kebersihan Lingkungan dan Tempat Ibadah di Era New Normal

Ia juga menyampaikan bahwa keuntungan dari digital marketing menggunakan internet adalah lebih mudah, lebih murah atau lebih cepat untuk berkomunikasi.

“Dengan kondisi seperti saat ini pemanfaatan media digital marketing merupakan salah satu pilihan yang cukup tepat yang bisa dijadikan pilihan sebagai media promosi dan publikasi,” terangnya.

Kegiatan pelatihan ini dalam rangka tugas tri dharma yaitu pengabdian masyarakat dengan judul Pelatihan Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desain Sebagai Media Promosi agar dapat meninggkatkan pendapatan UMKM Koperasi wanita ATSIRI.

Kegiatan kali ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom pada Sabtu (23/4) dengan anggota kelompok yaitu Ika Kurniawati, Muhammad Rizki Fahdia, Heriyanto dan Fachri Amsury. (UMF)