Tak Pernah Absen dari Kejuaraan, Dirga Kembali Raih Gelar Juara

Atlet Berkuda UNM
Atlet Berkuda UNM

JAKARTA, NusamandiriNews– Dirga Wira Ramadhan Sahputra, mahasiswa Program Studi (prodi) Informatika, Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menjuarai kompetisi berkuda pada kejuaraan berkuda D’Riders Prime yang resmi berlangsung empat hari berturut-turut, terhitung sejak Kamis-Minggu, 22-25 September 2022 di Arthayasa Stable, Limo, Depok.

Dirga Wira Ramadhan Sahputra yang biasa disapa Dirga mengatakan kompetisi ini merupakan kejuaraan berkuda tingkat Nasional pertama yang digagas dan dilaksanakan oleh D’Riders, salah satu stable elit di Jakarta Selatan.

Dirga Kembali Raih Gelar Juara

“Kejuaraan berkuda D’Riders Prime melombakan cabang Equestrian yang terbagi dalam kelas-kelas Dressage (Tunggang Serasi) dan Show Jumping (lompat rintangan). Kejuaraan ini, cukup mendapat sambutan hangat dari pelaku olahraga Equestrian,” terangnya dalam keterangan whatsapp, Rabu (28/9).

Baca juga: Dirga, Sang Juara Berkuda Berhasil Raih 3 Gelar Juara Sekaligus di Ajang Indonesia Grandprix 2022

Ia pun menyampaikan antusiasme peserta kejuaraan cukup banyak, hal ini ditandai dengan penuhnya kapasitas kandang yang dimiliki Arthayasa Stable tempat dimana kejuaraan tersebut berlangsung.

“Alhamdulillah saya bersyukur dapat menjuarai kompetisi nasional ini dan membawa nama baik UNM,” katanya.

Di setiap kompetisi pasti ada tantangan, imbuhnya menjelaskan salah satu tantangannya adalah percaya diri, terutama percaya kepada kuda yang ditunggangi agar mampu membangun chemistry yang bagus, dan pastinya harus siap mental serta fisik menghadapi atlet hebat lainnya.

“Untuk rencana ke depan, saya akan terus berlatih demi performa yang maksimal, ketika bertanding di kemudian hari. Terlebih, kian tahun semakin banyak bermunculan atlet-atlet berkuda yang berbakat. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk mempertahankan eksistensi di kompetisi berkuda,” tukasnya.

Sementara itu, wakil rektor II bidang non akademik UNM, Arif Hidayat memberikan apresiasi atas prestasi Dirga. Menurutnya, Dirga merupakan role model bagi generasi muda di lingkungan kampus UNM.

“UNM sangat memperhatikan potensi dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa, termasuk potensi di bidang olah raga, seperti jargon bagi mahasiswa UNM, yakni ‘Generasi Mandiri, Berani Berprestasi’,” ungkap Arif.

Baca juga: Dirga, Boyong Gelar Tiga Juara Sekaligus Pada Ajang Surabaya Jumping Master 2022

Ia menambahkan, komitmen kampus UNM untuk terus membantu mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa, salah satunya dengan mendukung dan memberikan apresiasi pada mahasiswa yang memiliki prestasi, baik bidang akademik maupun bidang non akademik.

“Kami akan terus memberikan dukungan bagi mahasiswa dalam berbagai kompetisi. Beasiswa prestasi telah kami sediakan bagi mahasiswa UNM yang menorehkan prestasinya, termasuk atlet berkuda kebanggaan UNM yang meraih posisi juara ke 3 pada kategori Show Jumping 120 cm mengalahkan belasan atlet berkuda lainnya,” tutupnya. (UMF)