Sukses Jadi Konten Kreator, Apa Bisa?

Jakarta, NusaMandiriNews – Mandiri Digital Universe (MDU) bekerja sama Universitas Nusa Mandiri (UNM) melangsungkan CreaBesT (Creative Business and Talent) ini menghadirkan narasumber yang profesional di bidang konten kreator

Kegiatan yang berjalan selama tiga hari berturut-turut, yakni sejak 2 – 4 November 2022 di Universitas Nusa Mandiri kampus Jatiwaringin dengan mendatangkan Head of Marketing Universitas Nusa Mandiri, yakni Achmad Rifai.

Baca juga: Lewat CreaBesT, Siswa SMK Dalami Peran Jadi Content Creator dan Podcaster

Menurut Rifai, konten creator merupakan seseorang yang menghasilkan tulisan, audio, video atau gambar dengan bertujuan menyampaikan informasi, mendidik, menghibur audiens, atau mempromosikan sebuah merek produk.

Ia menyebutkan bahwa tipe konten berdasarkan platform terdiri dari beberapa poin antara lain, web konten kreator, youtube kreator, podcast kreator, dan media sosial kreator.

Baca juga: UNM Kampus Tangerang Sukses Adakan CreaBesT

“Web konten kreator merupakan konten digital yang dibuat dalam bentuk blog atau artikel disuatu platform yang membahas spesifik suatu topik. Untuk youtube kreator adalah konten kreator yang berkarya dengan konten dalam bentuk video,” pungkas Rifai, Jumat (4/11).

Lanjutnya, podcast kreator yakni suatu karya konten digital dalam bentuk percakapan antara host dan bintang tamu. Sedangkan media sosial kreator yakni konten kreator yang berkarya dalam bentuk video pendek atau gambar disuatu platform seperti TikTok dan Instagram.

Baca juga: Kampus Digital Bisnis UNM Akan Gelar CreaBesT Bagi Siswa SMK

Selain itu, Rifai juga membagikan 7 Tips menjadi konten kreator handal diantaranya fokus di bidang yang diminati/kuasai, mengikuti trend, pahami audiens, tentukan tujuan, banyak baca dan riset, gunakan tools yang diperlukan dan belajar dari kreator lain.

“Ingat! Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup adalah terus belajar,” tandasnya.(ACH)