Jakarta, NusamandiriNews – Universitas Nusa Mandiri melalui kerja samanya dengan Mandiri Digital Universe (MDU) sukses melangsungkan CreaBesT (Creative Business and Talent) dengan mendatangkan pemateri yang ahli di bidang konten kreator.
Acara yang dimulai terhitung sejak 1 Januari hingga 2 Februari 2023 ini berlangsung di Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda ini diikuti oleh SMK Negeri 47 Jakarta dan SMK Putra Bangsa.
Baca juga: CreaBesT: Good Influencer, Good Influence
CreaBesT kali ini mendatangkan seorang konten kreator sekaligus dosen yaitu Jordy Lasmana Putra, dalam materinya diawali dengan memberikan penjelasan tentang ap aitu konten.
“Kata konten itu berasal dari bahasa inggris, yakni content yang artinya isi, daya muat dan kandungan. Sedangkan menurut KBBI, konten merupakan informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik,” tutur Jordy, Kamis (2/2/2023).
Menurutnya, jenis-jenis konten yang terbagi berdasarkan format diantaranya tulisan, visual, audio dan audio visual. Konten tulisan meliputi cerpen, novel, buku ensiklopedia, puisi, teks, promosi, isi email, e-book, teks berita, teks narasi, dan lain sebagainya.
“Sedangkan konten visual ini bisa terdiri dari foto, meme, flyer spanduk hingga infografis. Kemudian untuk konten audio itu berupa acara radio, voice note, voice over, musik podcast,” pungkasnya.
Lanjutnya, sementara untuk konten yang berbentuk audio video itu seperti iklan, video youtube, video tiktok, film, game dan lain sebagainya.
Baca juga: CreaBesT Sukses Tuai Pujian Pelajar SMK
“Setiap media sosial memilii warna tersendiri, mulai dari karakter pengguna sampai konten trending berbeda,” katanya
Ia mengatakan, ada tips yang perlu diperhatikan dalam membuat konten yaitu cari ide, improvisasi, eksekusi lalu evaluasi.
“Struktur membuat konten terdiri dari title yaitu menarik, berguna, penting dan spesifik; problem yaitu kehidupan, sekolah, kuliah, kerja, cinta dan lain sebagainya; solution yaitu menjawab masalah yang diangkat; benefit yaitu manfaat yang diterima atau didapatkan; CTA yaitu ajakan untuk melakukan sesuatu; dan closing yaitu mudah diingat, unik dan tidak bertele-tele,” jelasnya.
Diakhir, ia memaparkan beberapa etika dalam membuat konten. Menurutnya ada 4 etika yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah konten, pertama yaitu original yang artinya konten yang dibuat haruslah asli buatan sendiri, bukan buatan orang lain, kalau bantuan orang lain harus mendapatkan izin dan mencantumkan sumber konten.
Baca juga: Universitas Nusa Mandiri Kampus Margonda Tuai Pujian Usai Adakan CreaBesT
“Kedua valid yaitu setiap informasi yang terdapat pada konten harus terbukti kebenarannya. Jangan membuat konten yang kebenarannya belum bisa dipastikan. Untuk yang ketiga yaitu privacy yaitu bagaimana caranya menjaga dan menghormati privasi orang lain, jangan melibatkan orang lain di dalam konten yang dibuat tanpa persetujuan orang tersebut,” paparnya.
Ia menambahkan, keempat atau yang terakhir disclaimer yaitu perlu membuat Batasan tanggung jawab terhadap pernyataan yang kita utarakan disetiap konten yang dibuat, guna meminimalisir tuduhan kerugian dari konten yang dibuat.(ACH)
Blog nya sangat membantu saya sebagi konten kreator pemula, setelah membaca ini saya jadi tah langkah langkahnya.
Terimakasih.