Beri Pemahaman Business Intelligence Analysis, Prodi Sistem Informasi Sukses Gelar Workshop

Prodi Sistem Informasi Sukses Gelar Workshop
Prodi Sistem Informasi Sukses Gelar Workshop

JAKARTA, NusamandiriNews—Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Sistem Informasi sukses gelar kegiatan Workshop Building Performance Dashboard Business Intelligence Analysis. Workshop ini khusus untuk mahasiswa semester tujuh terlaksana pada Sabtu (10/6) pukul 09.00-12.00 WIB secara daring. Hadirkan narasumber ahli di bidang industri Business Intelligence, Nanang Ruhyana selaku Marketing Informations System Manager PT. Tempo Scan Pacifik, Tbk.

Sukmawati Anggraeni Puteri selaku ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNM menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang analisis Business Intelligence melalui penggunaan software tableau.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Kampus Digital Bisnis UNM Sukses Gelar Workshop Untuk Mahasiswa

Workshop Business Intelligence Analysis

“Workshop ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan mendalam dan keterampilan praktis dalam analisis Business Intelligence, pada kegiatan ini peserta mendapat kesempatan untuk belajar secara langsung menggunakan software tableau sebagai sebuah alat yang powerful dalam visualisasi dan analisis data,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (12/6).

Prodi Sistem Informasi UNM, ungkap Sukma berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas dan mendorong pengembangan keterampilan praktis di bidang Sistem Informasi.

“Keberhasilan penyelenggaraan workshop ini bentuk dedikasi universitas dalam membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk berhasil dan karier di masa depan,” tandasnya.

Sementara itu, Nanang Ruhyana sebagai narasumber menyebutkan bahwa business Intelligence itu mempelajari tentang Data & Analisanya, kemudian belajar juga tentang visualisasi data, sampai dengan membangun sebuah dashboard untuk presentasi ke level manajemen, yang nantinya akan digunakan untuk mengambil keputusan dalam perusahaan.

“Business intelligence dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan manajemen yang lebih baik berdasarkan data pada saat ini atau data pada periode lalu dalam konteks bisnisnya, terang Nanang saat menyampaikan materi wokshop, Sabtu (10/6).

Ia menjelaskan bahwa seorang analis dapat memanfaatkan business intelligence untuk memberikan kinerja dan tolak ukur pesaing dalam membuat perusahaan berjalan lebih lancar dan lebih efisien.

Baca juga: Mahasiswa Kampus Digital Bisnis Prodi Sistem Informasi Kembali Ukir Prestasi Bidang Fotografi

“Seorang analis juga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan,” tegasnya.

Industri Business intelligence, imbuhnya saat ini berkembang sangat pesat, hampir semua perusahaan skala kecil maupun besar menggunakan bidang tersebut, sehingga kesempatan berkarier di bidang tersebut terbuka sangat lebar untuk mahasiswa UNM.

“Industri Business intelligence berkembang sangat pesat, hampir semua lini bisnis menggunakan ilmu tersebut, sehingga menjadi kesempatan yang luas untuk generasi muda berkarier di bidang ini,” ucap Nanang. (UMF)