Depok, NusamandiriNews–Mahasiswa semester 3, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses mengikuti workshop inspiratif dan bermanfaat dengan tema “Design IU/UX for Mobile Apps.” Acara ini sukses berlangsung di UNM kampus Margonda pada Kamis (26/10). Event workshop ini menampilkan pembicara utama, M. Syahril Fadli Konsultan Individu Asian Development Bank dan CSO PT Qeraton Artha Technologies, dengan moderator Sidik selaku staff Program Studi Informatika.
Ketua Program Studi Informatika UNM, Arfhan Prasetyo mengatakan bahwa workshop ini menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam pengembangan aplikasi mobile.
Baca juga: Prodi Informatika FTI UNM Akan Adakan Workshop UI/UX Aplikasi Mobile
Workshop Pengembangan Aplikasi Mobile
”Dengan menghadirkan seorang praktisi berpengalaman dalam industri, memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana merancang aplikasi mobile yang menarik dan menghadirkan pengalaman pengguna yang unik,” kata Arfhan dalam rilis yang diterima, Jumat (27/10).
Sementara itu, M Syahril Fadli selaku narasumber menyoroti perkembangan teknologi aplikasi mobile yang menarik perhatian di masa depan dan pentingnya merancang UI/UX yang optimal dalam menghadapi tantangan tersebut.
”Desain UI/UX merupakan komponen penting dalam menghadirkan aplikasi mobile yang memukau. UI/UX memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. UI berfokus pada antarmuka pengguna dan berhubungan dengan sisi estetika suatu desain, sedangkan UX berfokus pada pengalaman pengguna,” terang Syahril.
Baca juga: Tingkatkan Literasi Data, Prodi Sains Data UNM Akan Gelar Workshop Codeless Data Science
Ia menyebutkan bahwa terdapat banyak sekali tools UI/UX design yang sering dipakai oleh seorang UI/UX designer dalam membuat sebuah desain aplikasi.
“Dalam UI/UX, tools terbagi menjadi 2 yaitu tools UI desain, dan tools UX desain. Tools UI desain digunakan oleh designer untuk membuat rancangan wireframe, high-fidelity, hingga prototype,” jelasnya.
Selama workshop, mahasiswa semester 3 ini menunjukkan antusiasme yang tinggi serta aktif berinteraksi dengan pembicara dan memberikan beragam pertanyaan terkait dengan perancangan UI/UX pada aplikasi mobile. (UMF)
Leave a Reply