Optimalisasi Bisnis Melalui Manajemen Data: Workshop Data Management With DMBOK

Workshop Data Management With DMBOK
Workshop Data Management With DMBOK

Jakarta, NusamandiriNews–Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga menyelenggarakan workshop online bertajuk “Data Management with DMBOK (Optimalisasi Bisnis Anda).” Acara ini berlangsung pada Sabtu, 29 Juni 2024, pukul 09:00 hingga 17:00 WIB melalui aplikasi Zoom.

Acara ini menghadirkan narasumber Nanang Ruhyana, Head Of Data & Business Development PT Arsitektur Digital Teknologi, dengan moderator Rani Irma Handayani, dosen UNM.

Baca juga: Berani Main Dengan Data, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Pandai Tampilkan Matriks Bisnis yang Informatif

Workshop Data Management With DMBOK

Nanang Ruhyana menjelaskan bahwa di era digital saat ini, manajemen data yang efektif sangat penting untuk mengoptimalkan proses bisnis dan mencapai tujuan organisasi.

“Data management merupakan pengembangan pelaksanaan pengawasan, rencana kebijakan program praktik, menyampaikan, mengendalikan,melindungi dan meningkatkan,” terangnya.

Menurut Nanang, tantangan data management yaitu tentang pengolahan data berbeda dengan pengolahan asset lainnya, value vs cost, menjaga kualitas data, daur hidup data, perbedaan tipe data dalam organisasi, data management is cross functional, membangun pandangan organisasiakan pentingnya pengolahan data.

“DMBOK (Data Management Body of Knowledge) merupakan kerangka kerja yang komprehensif dan panduan standar untuk mengelola data dalam organisasi,” ungkap Nanang.

Ia juga menjelaskan bahwa DMBOK menyediakan struktur untuk memahami, merencanakan, dan mengimplementasikan berbagai aspek manajemen data secara efektif.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi UNM Gandeng NSC Gelar Bootcamp Digital Bisnis

Pada kesempatan lain, Kaprodi Sistem Informasi UNM, Sukmawati Anggraeni Puteri mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang kerangka kerja Data Management Body of Knowledge (DMBOK) dan penerapannya dalam berbagai skenario bisnis.

“Dengan memahami dan mengimplementasikan kerangka kerja DMBOK, diharapkan peserta workshop dapat memperoleh wawasan berharga dan keterampilan praktis untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis di era digital,” tutupnya. (UMF)