Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM, Asyik Belajar di Luar Kelas, Bahas Tentang Enterprise Architecture

Belajar di Luar Kelas
Belajar di Luar Kelas

Jakarta, NusamandiriNews–Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali gelar webinar series, mengangkat tema “How To Build Enterprise Architecture”. Webinar yang diikuti oleh mahasiswa semester VI dan VII serta Dosen pada Sabtu, 29 Juni 2024 secara daring.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang luar biasa dan ahli di bidang Enterprise Architecture yaitu Dr Adi Wijaya selaku Consultant IT Blueprint – Enterprise Architecture dengan dipandu oleh Titin Kristiana selaku moderator.

Baca juga: Berani Main Dengan Data, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Pandai Tampilkan Matriks Bisnis yang Informatif

Belajar di Luar Kelas

“Workshop ini untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar di luar jam kelas mengenai Enterprise Architecture khususnya Framework TOGAF,” kata kaprodi Sistem Informasi, Sukmawati Anggraeni Puteri dalam rilis yang diterima, Senin (1/7).

Sementara itu, Adi Wijaya, narasumber menjelaskan mengenai apa itu Enterprise Architecture, manfaat Enterprise Architecture dan mendesain Framework Togaf dengan Achimate.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Ajari Mahasiswa Pentingnya Big Data Dalam Dunia Bisnis

“Enterprise Architecture digunakan untuk mengelola sistem organisasi yang besar yang mencakup inti-inti dari bisnis seperti Business architecture, Data architecture, Application architecture, Technology architecture,” jelas Wijaya.

Menurut Wijaya, manfaat dari Enterprise Architecture sendiri seperti Efisien dalam proses bisnis dan operasinal IT serta mengurangi resiko bisnis. Salah satu framework Enterprise Architecture adalah TOGAF.

“TOGAF merupakan kerangka kerja dan metodologi untuk pengembangan kerangka arsitektur enterprise. Jadi tanpa arsitektur yang bagus, akan sulit untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis,” tegas Wijaya. (UMF)