Tetap Produktif Ditengah Pandemi, Dosen dan Mahasiswa Gelar Webinar Edukasi Pengguaan Zoom

Karang Taruna, sebagai wadah organisasi pemuda di Lingkungan masyarakat pun harus memiliki peran aktif dalam kehidupan masyarakat. Dimasa Pandemi ini Kegiatan Kegiatan pertemuan maupun rapat organisasi dibatasi untuk mencegah penyebaran dari Covid-19. Untuk menunjung kegiatan organisasi pemuda Karang Taruna, maka Dosen dan Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar workshop tentang pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian Universitas Nusa Mandiri yang bergerak di bidang Pendidikan, terutama dalam mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi khususnya yang terjadi di saat masa pandemic Covid 19. Sebagai wujud dari tanggung jawab Dosen di Perguruan Tinggi, Universitas Nusa Mandiri dalam mengemban amanah Tridarma dan tanggung jawab sosial pada masyarakat melakukan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Zoom Sebagai media Tatap Muka.

Acara ini dilaksakan Secara daring menggunakan media aplikasi zoom pada Sabtu 17 April 20221 dengan peserta dari Remaja Karang Taruna Ragunan. Beberapa pengurus dari Remaja Karang Taruna Ragunan hadir di kampus Universitas Nusa Mandiri Warungjati, Bersama dengan Kepala kampus Bapak Setiaji, acara dibuka oleh Sita Anggraeni, M.Kom selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, kemudia sebagai Tutor yakni Syaifur Rahmatullah Abdul R, M.Kom, didampingi oleh tiga Dosen lainnya Program Studi Teknik Informatika  Universitas Nusa Mandiri, yaitu Achmad Rifai, M.Kom, Tyas Setiyorini, M.Kom, Oky Kurniawan, S.Kom Serta lima orang mahasiswa UNM. Walaupun dilakukan dengan tatap muka para peserta sangat antusias mengikuti webinar yang dilaksanankan.

Aplikasi Zoom meeting merupakan Software teleconference yang multiplatform. Kelebihan aplikasi ini mulai mudah diinstal di berbagai perangkat, penggunaan yang mudah serta dari fungsinya itu sendiri sebagai media tatap muka di masa pandemi. Kegiatan ini diharapakan mampu menambah pengetahuan tentang penggunaan serta optimalisasi dari aplikasi Zoom sebagai media komunikasi tatap muka untuk dimaanfaatkan pada kegiatan kegiatan rapat yang ada pada organisasi Karang Taruna. Penggunaan aplikasi ini juga bertujuan sebagai penghubung komunikasi pada organisasi yang dapat dilakukan jarak jauh untuk menaati protocol perarutan pemerintah untuk mengurangi kontak langsung dan mengurangi kerumunan. Akhir kegiatan webinar ditutup dengan pemberian souvenir melalui perwakilan Kepala Kampus yakni Pak Setiaji kepada salah satu perwakilan Pengurus Karang Taruna Ragunan yakni sodari Indah.